TRAUMA TSUNAMI…. Korban Gempa Juga Mengungsi ke Perbukitan

PEKANBARU (RiauInfo) – Korban gempa Sumatera Barat banyak mengungsi ke daerah perbukitan. Keadaan ini akibat trauma terhadap kejadian sunami. Padahal, Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) melaporkan gempa 7,6 SR di Sumbar kemarian dan gempa 7 SR di Jambi hari ini tidak berpotensi menimbulkan sunami.

Sejumlah warga Kota Pariaman, Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman mengaku, memilih tempat mengungsi ke daerah perbukitan yang lebih tinggi di sekitar daerahnya yang berjarak sekitar 15 hingga 30 kilometer dari pesisir pantai.

Posko Telepon Gratis Eisia, Fahrul, yang dihubungi RiauInfo, Kamis (1/10/09) ini menyatakan, daerah perbukitan yang banyak menjadi pilihan mengungsi warga Kota Padang sekitarnya seperti daerah Limau Manis Kampus Unand Padang, daerah jalan Solok-Padang Sitinjau Laut, Taman Raya Bung Hatta dan sekitarnya.

Sedangkan warga Kota Pariaman memilih daerah perbukitan sekitar gunung Talang, gunung Tandikat dan daerah yang berdekatan dengan air terjun Padang Panjang. Selain itu, warga Kabupaten Padang Pariaman sekitarnya memilih lokasi perbukitan yang di daerah irigasi Batang Anai, Desa Pasir Laweh, Desa Sikabu dan sekitarnya. Namun sejumlah korban gempa tidak melakukan hal tersebut dan hanya bertahan di depan rumah mereka dengan tenda-tenda darurat.(Surya)

Rizki: