Transmigrasi Pola KTM Akan Diterapkan di Bengkalis

591 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Riau menilai program transmigrasi pola KTM cukup bagus untuk diterapkan di Riau, karena bisa lebih mempercepat perkembangan suatu daerah. 

Berkaitan hal itu, Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Riau punya rencana akan menerapkan transmigrasi pola KTM itu di Kabupaten Bengkalis. Namun rencana itu sampai saat ini masih belum dibahas.

Kepala DInas Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau, Asmawie Mukri kepada wartawan Kamis (15/2) di Pekanbaru mengatakan pola KTM tersebut memang cukup bagus dalam pengembangan kawasan. Tapi, memang belum
ada pembahasan secara detail masalah itu dan baru pada tahap perencanaan.

Bisa saja, menurut dia, apa yang pernah dikatakan Menteri Transmigrasi dan Kependudukan Erman Suparno untuk men-transmigrasikan warga dibantaran sungai di DKI Jakarta bakal ditempatkan didaerah tersebut. Namun, sejauh ini, kata Asmawie memang belum ada pembicaraan
soal itu.

Transmigrasi saat ini harus perlu kehati-hatian dan harus ada kesepakatan yang jelas. Lain halnya dengan transmigrasi lokal yang sudah 3 tahun jalankan oleh pemerintah provinsi di Desa Kabun, Kabupaten Rokan Hulu.

Didaerah tersebut, masih kata Asmawie sudah 177 KK bersama dengan perumahan yang sudah dipersiapkan. Kemudian pada tahun 2007, kembali direncanakan sebanyak 123 KK yang akan dibangunkan tempat tinggal.

Selain perumahan, mereka juga diberikan areal dengan luas sekitar 2 hektare. Lahan tersebut tentunya bekerjasama dengan pihak perusahaan dengan pola KKPA. Bagaimana teknisnya tentu pemkab dan pihak perusahaanlah yang mengetahui secara detail.(Ad)

 

Posting Terkait