Tradisi Tahunan Masyarakat Riau ini Semakin Sepi Saja

663 views
news2709PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, Pemprov Riau juga menggelar pesta lampu colok. Usai menggelar buka puasa bersama dengan Ormas Islam, LAMR, Pimpinan Redaksi dan Wartawan Riau, Gubri Rusli Zainal berkesempatan menyalut lampu colok.

Acara penyulutan lampu colok itu dilakukan di halaman depan Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru. Disaksikan oleh para peserta buka bersama, lampu colok yang digantung di tiang-tiang berbentuk mesjid itu, satu persatu dinyalakanya.

Lampu colok merupakan tradisi tahunan yang digelar masyarakat Riau dalam menyambut kedatangan hari raya Idul Fitri. Biasanya pesta lampu colok ini dimulai pada malam satu likur atau malam ke-27 bulan Ramadhan.

Khusus untuk kota Pekanbaru, beberapa tahun yang lalu pesta lampu colok ini memang cukup meriah. Sejumlah kecematan di kota ini berlomba-lomba menampilkan lampu colok paling indah, sehingga dimana-mana terlihat lampu colok dalam beraneka bentuk.

Namun sejak harga BBM melambung, pesta lampu colok yang berbahan bakar minyak tanah ini berangsur-angsur sepi. Jika dulu di sepanjang Jalan Yos Sudarso terlihat gemerlapan dengan banyaknya lampu colok, namun sekarang terlihat gelap gulita saja.

Harga minyak tanah yang melambung ternyata telah membuat masyarakat enggan meronggoh koceknya untuk menggelar pesta lampu colok tersebut. Dikhawatirkan trasidi lampu colok ini benar-benar padam di tahun-tahun mendatang.(Ad)

 

Posting Terkait