Titik Api Menyala di Tiga Provinsi Pulau Sumatera

540 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tiga provinsi di pulau Sumatera mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Minggu (19/10) ini. Provinsi yang menjadi korban Karhutla itu provinsi Sumatera Utara, Jambi dan provinsi Sumatera selatan. Riau serta provinsi lainnya selamat dari ancaman Karhutla tersebut. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap hanya empat titik Karhutla menyala di wilayah pulau Sumatera hari ini.

Satelit NOAA 18 menangkap satu titik Karhutla di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Begitu juga dengan wilayah provinsi Jambi yang hanya punya satu titik api. Sedangkan 2 titik Karhutla lagi berada di wilayah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sehingga jumlah Karhutla genap menjadi 4 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Stasiun Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, cuaca panas di siang hari dan hujan pada malam hari sering terjadi di Riau bulan ini. Keadaan serupa juga dialami oleh provinsi lainnya. Sehingga jumlah titik karhutla relatif dinamis bulan ini di Sumatera.(Surya)

 

Posting Terkait