Titik Api Menurun Tajam di Seluruh Wilayah Sumatera

654 views

PEKANBARU (Riauinfo) – Penurunan jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan secara umum juga terjadi di wilayah provinsi pulau Sumatera Senin (7/07) ini. Karhutla yang menyebabkan titik api tersebut hanya melanda 6 provinsi termasuk provinsi Riau. Hari ini tercatat 19 titik api keseluruhannya di pulau Andalas tersebut.

Penurunnan jumlah tersebut terlihat jika dibandingkan dengan kemarin sebanyak 65 titik tersebar di 9 provinsi. Sedangkan hari ini, BMG Stsiun Pekanbaru hanya mendapatkan laporan satelit NOAA 18 19 titik api tersebar di 6 provinsi.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru, melalui sataf analisa Ardhitama menyatakan, hasil rekaman satelit NOAA 18 menangkap di provinsi Riau sendiri hanya 3 titik api menyala.

Di provinsi Bangka Belitung (Babel) masih punya satu titik api. Menyusul provinsi Sumatera Barat dan provinsi Lampung masing-masing 2 titik api. Sedangkan provinsi Sumatera Selatan 3 titik. Provinsi terbanyak jumlah titik apinya adalah Jambi dengan 8 titik. Sehingga total hotspot di Sumatera hanya 19 titik hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait