TITIK API KANDAS… Riau Bagian Barat Rawan Hujan Lebat

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan yang masih meluas telah membuat jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau kandas. Berdasar data satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), wilayah Riau dinyatakan bebas dari titik api hari ini. Sebaliknya, BMG Pekanbaru mendaptkan gejala hujan meningkat di Riau bagian Barat. Intensitas hujan diperkirakan antara sedang hingga hujan lebat. 

“Normalnya cuaca Riau memang hujan pada bulan ini. Namun peluang hujan meningkat dan terfokus di wilayah Riau bagian Barat. Intensitas hujan diperkirakan antara sedang hingga lebat,”ungkap staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu kepada RiauInfo di Pekanbaru.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menilai, konsentrasi awan yang masih subur di udara Riau merupakan faktor utama peluang hujan meluas hingga dua hari mendatang. BMG menyatakan secara umum peluang hujan hampir merata di wilayah Riau. Perberdaannya hanya dari intensitas dan peluang waktu turunnya hujan di sejumlah wilayah Riau.

Menurut BMG, hujan dengan intensitas sedang dan hujan lebat di wilayah bagian Barat Riau itu akan berpotensi terjadi pada malam hari ini.(Surya)

Rizki: