TITIK API KANDAS… Hujan Berpeluang Tiga Hari di Riau

758 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan diperkirakan tidak saja melanda Riau pada Jumat (6/11/09) ini. Namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menangkap peluang hujan akan berlangsung dalam tiga hari kedepan di Riau. Hujan diperkirakan melanda Riau secara merata dengan intensitas yang bervariasi di setiap daerah. Durasi turunnya hujan juga silih berganti yang disertai petir dan angin.

“Curah hujan meningkat pada bulan November ini di Riau. Jika dibandingkan dengan November tahun 2008 silam, maka November tahun ini sifat hujan lebih meningkat di Riau. Petir dan angin kencang juga bisa terjadi saat hujan turun. Pada cuaca buruk, kecepatan angin bisa mencapai 40 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan angin rata-rata umumnya normal dengan kecepatan 5 hingga 20 kilo meter perjam,”terang Kepala BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih kepada RiauInfo hari ini di Pekanbaru.

BMKG Pekanbaru menangkap konsentrasi hujan lebih dominan pada wilayah Riau bagian Barat, tengah dan Riau bagian Utara. Seperti di wilayah Kampar, Pekanbru hingga wilayah Kabupaten Rokan Hulu. Dari hasil pantauan satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), BMKG Pekanbaru juga tidak mendapatkan jumlah kebakaran hutan dan lahan akibat hujan terwsebut.

“Secara umum wilayah Riau mengalami hujan dengan merata. Intensitas hujan bervariasi antara ringan, sedang hingga lebat. Namun sejumlah wilayah mengalami konsentrasi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,”papar Warih.(Surya)

Posting Terkait