Tingkat Kematian Akibat HIV/AIDS di Pekanbaru Tinggi

586 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tingkat kematian akibat penyakit HIV/AIDS di Pekanbaru akir-akhir ini makin tinggi. Dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyebutkan jumlah kematian akibat penyakit yang sangat mematikan ini di Pekanbaru 3 tahun terakhir mencapai 154 orang.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Rini Hermiyati kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, sejk tahun 2007 hingga mei 2010 sudah terdapat 270 kasus, dan dari jumlah itu sebanyak 154 orang mengalami kematian. “Tingkat kematiannya sangat tinggi,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, angka kematian penderita HIV/AIDS mencapai 38 persen dari total kasus penyakit tersebut di Pekanbaru. Tingginya angka kematian ini disebabkan penderita AIDS tidak menggunakan obat antiretroviral (ARV) yang bisa menekan kematian akibat penyakit itu.

Menyinggung penyebab penularan penyakit HIV/AIDS itu, Rini menyebutkan terbesar akibat penggunaan jarum suntik. Sedangkan melalui hubungan seks juga mengalami peningkatan setiap tahun. Kalau tahun 2008 sekitar enam persen, pada tahun 2009 meningkat menjadi 12 persen.

Jumlah penderita HIV/AIDS di Pekanbaru dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan. Berdasarkan datadi Dinas Kesehatan Pekanbaru, ada akhir 2009 lalu jumlahnya 169 orang, lalu pada akhir Mei 201 mengalami peningkatan menjadi 270 orang.(ad)

 

Posting Terkait