Tiga Gempa Goyang Pulau Sumatera

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mencatat getaran gempa terjadi tiga kali di wilayah Pulau Sumatera, Selasa (4/11) ini. Gempa tektonik itu berada di provinsi Bengkulu dan wilayah provinsi Sumatera Utara. 

BMG melaporkan gempa pertama terjadi di wilayah gunung Sitoli Sumatera Utara dengan kekuatan 5,9 Skala Richter. Gempa pada pukul 02.21 WIB itu bekedalaman 24 KM dengan posisi 1,35 Lintang Utara dan 97,07 Bujur Timur. Lokasi gempa terletak di 59 KM Barat Laut Gunung Sitoli Sumatera Utara.

Menyusul gempa ke dua pukul 02.57 WIB dengan kekuatan 4,2 Skala Richter di kedalaman 27 KM. Posisi gempa terletak pada titik 1,49 Lintang Utara dan 977,4 Bujur Timur. Lokasi gempa berada 31 KM Barat Laut Gunung Sitoli Sumatera Utara. Dua gempa tersebut merupakan gempa tektonik yang terjadi di darat Sumatera Utara.

Pada pagi hari pukul 09.51 WIB gempa dengan kekuatan 4,8 Skala Richter dengan kedalaman 7 KM terjadi di Bengkulu. Posisi gempa berada pada 3,77 Lintang Selatan dan 102 Bujur Timur. Lokasi gempa berada di laut dengan jarak 27 KM Barat Daya Lais provinsi Bengkulu.

Staf analisa Warih mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengtakan, tiga gempa tersebut tidak berpotensi sunami. Tidak ada laporan korban baik materi maupun korban jiwa dalam kejadian gempa itu hingga saat ini.(Surya)

 

Rizki: