TIGA DAERAH RIAU KORBAN KARHUTLA… Suhu Mencapai 35 Derjat Celsius

537 views

Jika anda merasa gerah dan panasnya udara sepanjang siang tadi, tidak lain penyebabnya adalah suhu udara Riau secara umum mencapai 35 derjat celsius pada Selasa (9/02/10) ini. Temperatur udara yang meninggi itu dipengaruhi cuaca cerah berawan yang juga masih mewarnai Riau secara umum hingga sore ini.

PEKANBARU (RiauInfo) – Berdasar data dari kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, cuaca cerah yang menaikkan temperatur udara mencapai 35 derjat celsius tersebut juga disebabkan oleh menipisnya peluang hujan di Riau.

BMKG Pekanbaru mencatat peluang hujan hanya terjadi pada malam dan dini hari nanti. Peluang ini pun hanya bersifat hujan lokal dan berintensitas ringan dan sedang saja. Wilayah yang berpeluang menerima hujan diperkirakan di Riau bagian Barat dan bagian Selatan.

Dengan cuaca cerah berawan dan suhu tinggi sepanjang hari ini, sejumlah daerah Riau juga menjadi korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sedikitnya ada tiga daerah Riau yang mempunyai titik api.

Berdasar data satelit National Oceanic anda Admospheric Administration (NOAA), kantor BMKG Pekanbaru menyatakan daerah Kabupaten Bengkalis, Siak dan Kabupaten Inderagiri Hilir masing-masing mempunyai satu titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sehingga jumlah karhutla mencapai 3 titik di Riau hari ini.

Sementara itu, arah gerakan angin relatif berfariatif dengan kecepatan antara 5 kilometer perjam hingga 25 kilometer perjam. Kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu, melalui staf analisa Warih mengatakan, gejala cuaca panas terjadi akibat berkurangnya pertumbuhan awan.

Selain pola angin yang berfariatif, penguapan air laut yang minim juga membuat awan relatif sepi di udara Riau. Keadaan itu kembali membuat cuaca cerah dan temperatur tinggi hingga menumbuhkan titik api di Riau hari ini.(Surya)

Posting Terkait