Tiga Daerah Riau Dijilat Hotspot Hari Ini

571 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski jumlahnya menurun dibanding kemarin, namun titik api masih menyala di Sumatera. Sedikitnya tiga provinsi di pulau Andalas telah dijilat titik api hari ini. Namun Riau selalu tidak ketinggalan menyumbang hotspot hasil pembakaran hutan dan lahan tersebut.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Kamis (10/04) telah mendapat laporan dari satelit NOAA 18 pada pukul 13.21 WIB siang tadi, mendapatkan tritik api menyala di provinsi Riau, Jambi dan provinsi Lampung.

Di Riau, tiga wilayah kabupaten telah menjadi sebaran titik api. Seperti kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantansingingi, masing-masing daerah tersebut menyumbangkan satu titik api.

Titik api di provinsi lain seperti di provinsi Jambi lebih banyak dibanding Riau. Satelit NOAA 18 menangkap 5 titik api tersebar di wilayah Jambi hari ini. Tidak keinggalan provinsi Lampung juga menambah satu titik api. Sehingga hari ini di pulau Sumatera total titik api sebanyak 9 titik.

Namun BMG juga mencium peluang hujan di wilayah Riau umumnya relatif terjadi pada sore, malam, dini hari hingga menjelang pagi. Wilayah rentan turunnya hujan tersebut masih berkisar wilayah Riau bagian Selatan dan Tengah dengan intensitas ringan hingga sedang.(Surya)

 

Posting Terkait