Terkit Maraknya Kebakaran Hutan, DPR RI Panggil 5 Bupati

PEKANBARU (RiauInfo) – Terkit maraknya kebakaran hutan akhir-akhir ini, lima bupati/walikota di Riau akan dipanggil Komisi VII DPR RI. Selain itu Komisi VII juga mendesak Menhut dan Men LH menindak tegas perusahaan-perusahaan yang melakukan pembakaran di lahan konsesinya.

Hal ini menjadi berita utama Riau Tribune edisi Kamis (21/2) berjudul “Kebakaran Hutan di Riau, DPR RI Panggil 5 Bupati“. Menurut harian ini kelima bupati/walikota itu yakni Bupati bengkalis, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Walikota Dumai.

Masalah kebakaran hutan di Riau juga jadi berita utama Metro Riau hari ini berjudul “Titik Api ‘Beranak Pinak’“. Harian ini menyebutkan hingga Rabu kemaren satelit NOAA 18 menangkap 89 titik api di Riau. Lahan yang terbakar itu pun telah mencapai 6.000 hektar.

Sementara itu Riau Mandiri memberitakan aksi unjukrasa yang dilakukan 200 massa Partai Persatuan Pembebasan Nasional Riau dan Walhi Riau di Mapolda Riau kemaren. Dalam aksinya itu mereka mendesak Kapolda Riau untuk memeriksa kepala daerah terkait Illog. Berita itu berjudul “Kapolda Didesak Periksa Kepala Daerah“.

Sedangkan Pekanbaru Pos berita utama hari ini tentang adanya satu Satuan kerja (Satker) di lingkungan Pemko Pekanbaru yang diduga menyelewengkan penggunaan anggaran tahun 2007. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung mencapai Rp 100 juta. Berita itu diberi judul “Satker Tilap Rp100 Juta“.

Penganiayaan yang dilakukan seorang suami terhadap istrinya yang bar saja melahiran menjadi berita utama Pekanbaru MX hari ini. Dalam berita berjudul “Istri Baru Melahirkan, Digimbal Suami” disebutkan kini Irfan Ramadhan (26) suami sialan itu ditahan di Polsekta Kota Pekanbaru.

Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR yang menewaskan 3 orang dan melukai 27 orang di Kabupaten Simeulue, Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) menjadi berita utama Tribun Pekanbaru hari ini. Dalam beritanya disebutkan, saat gempa terjadi, warga sempat berlari ke bukit-bukit karena takut akan muncul tsunami. Berita itu berjudul “Tiga Tewas, 27 Luka“.

Berita yang sama juga jadi headline Riau Pos har ini. Harian ini menyebutkan saat terjadi gempa, ratusan PNS yang bekerja di Kantor Gubernur Sumut yang berada dari lantai 1 hingga 10 berhamburan menyelamatkan diri. Berita itu berjudul “Ratusan PNS Selamatkan Nyawa“.

Sedangkan Media Riau dalam berita utamanya berjudul “Data Pemilih Pilgubri Diserahkan ke KPUD” menyebutkan Kamis ini Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Riau berencana akan menyerahkan data pemilih Pilgubri kepada KPUD Riau.(Ad)

 

Rizki: