Temuan Tim dari IPB, Lahan K2I Memang Sengaja Dibakar

733 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tim ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang melakukan penelitian dampak dan penyebab kebakaran di lahan kebun K2I menyimpulkan sementara bahwa lahan K2I ada indikasi sengaja dibakar. Tim memiliki sejumlah bukti bahwa lahan tersebut memang ada unsur kesengajaraan dan kelalaian dalam kasus kebakaran ini.

Berita ini menjadi berita utama Riau Mandiri edisi Senin (25/2) ini. Dengan berita berjudul “Lahan K2I Sengaja Dibakar” disebutkan Kepala Laboratorium Kebakaran Hutan dan Lahan IPB Dr Bambang Hero Saharjo mengatakan, pihaknya akan membawa sampel untuk diperiksa di laboratorium guna memastikan penyebab kebakaran itu.

Masalah kebakaran hutan juga menjadi berita utama Pekanbaru Pos hari ini. Dalam beritanya berjudul “Titik Api tak Terbaca Lagi“, harian ini menyebutkan kabut asap makin parah saja di Riau. Tapi anehnya satelit NOAA 18 yang biasa digunakan memantau keberadaan titik api, Sabtu (23/2) menunjukkan angka nol.

Sementara Metro Riau dalam berita utamanya berjudul “Riau Menyerah” menyebutkan kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah menjalar lebih luas lagi. Akibatnya, warga dari Pekanbaru, Duri, Bengkalis, Siak, Pelawan, Rengat, Duri dan Dumai terkepung kabut asap. Gubernur Riau HM Rusli Zainal angkat tangan, menyerah atas kebakaran yang terjadi di daerahnya.

Sedangkan Riau Pos hari ini memfokuskan beritanya tentang turun langsungnya Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Gubernur nampak menarik selang air sendiri untuk memadamkan api yang membara. Berita itu berjudul “Gubri di Titik Api“.

Berita yang sama jadi headline Media Riau berjudul “Gubri Turun Langsung Jinakkan Titik Api“. Dalam berita ini disebutkan Rusli Zainal Minggu (24/2) siang turun langsung memadamkan titik api di Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Dengan menggunakan sepatu bot, Rusli memadamkan api selama 15 menit.

Berita utama Pekanbaru MX hari ini tentang penemuan sesosok mayat yang telah membusuk di Jalan Sri Bunga Tanjung, Dock Yard, Dumai. Mayat yang kemudian diketahui bernama Akim (34) warga Tiong Hoa diduga korban perampokan. Sebab sepeda motor dan cincin emasnya hilang. Berita itu berjudul “Warga Tionghoa Ditemukan Membusuk“.

Tabligh akbar yang digelar masyarakat Rokan Hulu yang mendatangkan dai kondang Zainuddin MZ jadi berita utama Tribun Pekanbaru hari ini. Kegiatan ini dilakukan untuk mensyukuri pengesahan RUU pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam. Berita itu berjudul “Tabligh Mentahkan Bupati“.

Ketua Umum Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PBK) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendeklarasikan dirinya menjadi calon Presiden. Pernyataan ini menyusul munculnya dukungan dari seluruh pengurus PKB se-Jawa Timur. Hal ini menjadi berita utama Metro Riauberjudul “Gus Dur Deklarasi Jadi Capres“.(Ad)

 

Posting Terkait