TEMPERATUR 35,3 DERJAT CELSIUS…! Angin Kencang Rawan di Inderagiri Hulu

560 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca panas dengan temperatur maksimum mencapai 35,3 Derjat Celsius akan rawan menimbulkan angin kencang di sejumlah daerah wilayah Provinsi Riau, Kamis (7/05/2009) ini. Potensi angin kencang diperkirakan terjadi di daerah yang mempunyai peluang hujan malam ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, peluang hujan lebat terjadi di daerah Riau bagian Selatan. Seperti daerah Kabupaten Pelalawan, Inderagiri Hulu dan daerah Kabupaten Inderagiri Hilir sekitarnya.

Sementara, peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, diperkirakan terjadi di RRiau bagian Tengah seperti Kota Pekanbaru, sebagian Kampar dan Siak. Arah angin lebih banyak dari Tenggara menuju Barat Daya. Selain peluang angin kencang, BMKG juga mendapatkan masih adanya peluang petir sebelum atau beserta hujan turun.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, angin kencang akan mudah terjadi jika hawa panas temperatur tinggi pada siang hari bertemu dengan hawa dingin dari peluang hujan pada malam harinya. Sehingga pertemuan dua kutub hawa yang berbeda itu merubah tekanan udara secara sporadis dan lebih kuat dari normalnya.(Surya)

 

Posting Terkait