TELAH DISALURKAN… Rp.6 Miliar Lebih Dana BOMM SMK Riau Pada 2009

563 views

PEKANBRU (RiauInfo) – Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan SMK mennerbitkan program Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM). Bantuan ini dikhususkan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk Provinsi Riau, tercatat 50.105 siswa SMK yang menerima BOMM tersebut. Nilai keseluruhan dana BOMM yang disalurkan di Riau mencapai Rp 6.012.600.000 pada 2009 ini.

Besaran nilai dana BOMM setiap siswa mendapatkan Rp 120.000 per tahun. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, bantuan BOMM merupakan program pemerintah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Program ini memfokuskan bantuannya untuk kebutuhan operasional para pelajar selama setahun.

Menurut Kasi SMK, Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Disdik Riau, Endi Novelly BOMM merupakan subsidi khusus untuk mendukung peningkatan kualitas pelaksanaan praktik di SMK pada kelompok program keahlian teknik dan non teknik siswa. Sehingga besaran nilainya disesuaikan untuk kelancaran peningkatan kualitas program siswa SMK.

“Bantuan ini sifatnya bukan untuk pribadi para siswa. Tapi untuk mendukung operasional program yang akan dijalani siswa di sekolah. Sehingga penyalurannya pun langsung dilakukan melalui rekening sekolah masing-masing,”terang Endi.

Endi mencontohkan alokasi BOMM akan direalisasikan bagi keperluan biaya ujian semester atau belanja alat tulis menulis siswa, pengadaan bahan praktik, bahan pendukung penyelenggaraan praktik seperti working sheet dan lembar penilaian. Pemberian bantuan ini merupakan paya pemerintah untuk peningkatan mutu lulusan SMK.(Surya)

Posting Terkait