Teladani Sifat Rasulullah Sebagai Uswatus Hasanah

700 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Syamsurizal mengingatkan, bahwa makna terpenting dari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati melalui Maulid Rasulullah SAW yang harus dipahami setiap umat Islam, adalah keberadaannya yang telah mampu membidani kelahiran masyarakat baru, yakni masyarakat Islam. Sebuah masyarakat yang tatanan kehidupannya diatur seluruhnya oleh aturan-aturan Islam. 

Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis, ketika memberikan sambutan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1428 H/2007 M. Peringatan kelahiran Rasulullah yang dihadiri sekitar seribu umat Islam tersebut, dilaksanakan Minggu (1/4) malam lalu di masjid Istiqomah Bengkalis.

Kemudian, Syamsurizal juga mengajak umat Islam, khususnya di daerah ini untuk menjadikan prilaku Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah. Karena itu ujar Syamsurizal, urgensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, harus dimaknai seluruh umat Islam untuk mentauladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

”Sebab, seluruh sisi kepribadian yang ada pada Rasulullah SAW, merupakan uswatun hasanah. Baik itu kepribadian, kepemimpinan, akhlakul karimah, keberanian dan seluruh yang ada pada Rasulullah SAW. Semuanya itu harus dijadikan seluruh umat Islam sebagai panutan dalan menjalankan segala aspek kehidupan”, jelas Syamsurizal.

Selanjutnya, tambah bupati yang bergelar Sri Mahkota Setia Negeri ini, untuk meneladani nilai dan pesan profetik yang dibawa Rasulullah SAW, hal itu jangan hanya dilakukan setahun sekali melalui peringatan maulid saja.

”Tetapi harus dilakukan setiap saat, kapan dan dimanapun kita berada,” ajaknya sembari mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu bentuk upaya untuk menyadarkan manusia kepada kebenaran yang hakiki.

Pada bagian lain seraya mengutip makna hadits yang diriwatkan Ahmad yang menjelaskan bahwa ’Sesungguhnya akhlak Rasulullah SAW itu adalah Alqur’an’, Syamsurizal menerangkan bahwa meneladani Nabi Muhammad SAW hakikatnya adalah dengan cara mengamalkan seluruh isi kandungan kitab suci Alqur’an.

”Bukan hanya terbatas pada ibadah ritual dan akhlak saja, tetapi juga mencakup seluruh aspek kehidupan. Artinya, kaum Muslim dituntut untuk mengikuti dan meneladani Nabi Muhammad SAW dalam seluruh prilakunya:,” ulan Syamsurizal.

Sementara itu, ketika memberikan tausiah tentang peringatan Maulid Nbai Muhammad SAW, H Anas Zulkifli Ramli dengan tegas mengatakan saat ini banyak umat Islam yang melakukan kesalahan yang fatal. Penyebabnya, tambah ustadz dari Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara ini, kesalahan itu adalah karena umat Islam dewasa ini sudah banyak yang lari dari ajaran Al Quran yang telah diwariskan Nabi Muhammad SAW.

“Bagaimana seorang mengaku sebagai umat Muhammad bila ia tidak mempedomani ajaran Alquran yang ditinggalkannya. Selain itu, dewasa ini banyak umat Islam yang dihinggapi penyakit hati dan tak mau bertaubat kepada Allah SWT. Ini dapat dilihat dari realitas yang terjadi di masyarakat, yaitu adanya penyakit SMS, senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang.

“Penyakit hati seperti ini tidak akan menghinggapi jika seandainya umat Islam itu sendiri konsisten dan konsekuen untuk meneladani sifat-sifat mulia dan ajaran Islam yang telah digariskan junjungan Alam Nabi Muhammad SAW,” jelas Anas.

Karena itu, pesan Anas, jika memang benar-benar cinta dan mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW itu contoh yang baik, maka hendaklah setiap umat Islam benar-benar ini benar-benar menjadikan Alquran menjadi tuntunan dalam melaksanakan segala bentuk aktivitas kehidupan. Bukan dijadikan tontonan,” ajak ustad ini dalam dialek Sumatera Utara yang kental.

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Hj Fauziah Syamsurizal, adapun sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis yang terlihat hadir dalam peringatan maulid tersebut, diantaranya Asisten II H Zakaria Yusuf, Ketua Bappeda H Azwar, Kepala Badan Kesbang, Linmas dan Infokom, H Muklis.

Kemudian Kadis Perikanan dan Kelautan H Tarmizi, Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Investasi H Andre Sukarmen serta Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan H Zulkarnain. Sedangkan dari legislatif, diantaranya H Barmawi KN.

Posting Terkait