TEKANAN RENDAH BERUBAH… Pesisir Riau Aman Dari Gelombang Pasang

716 views

PEKANARU (RiauInfo) – Iklim yang mulai kondusif berdampak terhadap ketinggian air laut di sepanjang pesisir Provinsi Riau. Ketinggian air laut dinilai aman bagi pelayaran karena gelombang hanya kurang dari satu meter di perairan Riau, Rabu (25/02/2009) ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menangkap gejala angin kencang akibat tekanan rendah sudah mereda di sejumlah Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Angin kencang yang biasanya menimbulkan cuaca buruk dan gelombang pasang dengan sendiri juga telah hilang mempengaruhi perairan Riau.Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, perubahan iklim telah merubah konsentrasi tekanan rendah di sejumlah Samudera. Namun keadaan itu dinilai sangat dinamis dan bisa sewaktu-waktu kembali ke dekat perairan Riau dan Sumatera umumnya.

“Tekanan rendah yang sering membawa cuaca buruk itu posisinya selalu berubah. Saat ini posisinya termasuk aman bagi wilayah Riau secara khusus. Sehingga perairan Riau, Selat Melaka dan sekitarnya hanya mengalami gelombang yang kurang dari satu meter hari ini,”terang Marzuki kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait