Tarman Azzam Kunjungi RCI

819 views
news1993PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Umum PWI Pusat Tarman Azzam menyatakan terkesan akan keberadaan Lembaga Pendidikan Televisi dan Jurnalistik Riau Communication Institute (RCI). “Ini surprise buat saya. LPDS (Lembaga Pers Doktor Soetomo Jakarta – Red) saja tak memiliki ruang pelatihan se elite ini. Lebih bagus dari kantor saya,” katanya saat mengunjungi lembaga tersebut, Rabu (15/8).

Dalam kunjungan tersebut Tarman didampingi Ketua PWI Riau Drs H Sutrianto, Ketua SPS Riau H Syafriadi SH MH dan wartawan senior H Moeslim Kawi. Di RCI. Tarman dan rombongan disambut Direktur RCI Ir Ridar Hendri MKom, sejumlah staf dan para mahasiswa peserta pendidikan televisi.

Menurut Tarman, agak sulit mencari lembaga sejenis dan sekelas RCI di daerah lain. “Kalau pun ada, biasanya hanya lembaga milik perusahaan pers untuk inhouse training wartawannya. Kalau ini beda, apalagi didukung peralatankomputer dan kamera generasi terbaru,” imbuhnya.

Dia minta agar kreativitas yang dibuat RCI dalam rangka melahirkan sumberdaya manusia televisi, jurnalistik dan pers lainnya, terus ditingkatkan.

Saat melihat foto Gubernur Riau berukuran besar sedang beraksi sebagai fotografer yang terpajang di samping foto kabinet SBY berbaju Melayu di lantai I, Tarman menyunggingkan senyum. “Hebat juga gubernur kalian, mau menjadi model demi pendidikan. Hebat,” kata Tarman.

Usai mengamati ruangan kantor yang sejuk dan didesain apik, Tarman dan rombongan naik ke lantai II menyaksikan ruang belajar modern. Ruangan ini dilengkapi dengan meja belajar lipat, LCD proyektor dan pendingin udara. Kemudian menyaksikan para peserta pendidikan televisi yang sedang melakukan praktikum editing.

Ridar menyebutkan, RCI yang diresmikan Gubernur Riau pada 13 Maret lalu menyelenggarakan pendidikan singkat (4 bulan) untuk program televisi, jurnalistik cetak, public relations dan multi media. Saat ini 20 peserta sedang mengikuti program pendidikan televisi. Sepuluh diantaranya, kata Ridar sedang magang di TVRI dan stasiun televisi lainnya di Riau.

Tarman kemudian melanjutkan kunjungannya ke dapur Redaksi Tabloid Azam yang bertetangga dengan RCI. Di tabloid tersebut, Tarman di sambut H. Syafriadi, SH yang kebetulan juga menjabat Pemimpin Umum. (Tony)

 

Posting Terkait