TARGET KELILING 5 NEGARA DENGAN SEPEDA… Pencari Kilometer Nol Tiba di Pekanbaru

500 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Penerima piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) yang berkeliling Indonesia dengan sepeda, tiba di Kota Bertuah Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (25/01/2009) ini. Pria bernama Suprijanto itu akan melanjutkan perjalananya menuju kota Medan Provinsi Sumatera Utara demi mencapai kilometer nol negara Indonesia yang berada di Pulau Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). 

Mbah Boncel, panggilan komersil pria 55 tahun itu mengaku, perjalanannya ini merupakan perjalanan ke dua keliling Indonesia dengan sepeda ontel warisan orang tuanya.

“Perjalanan ke dua ini adalah pemanasan bagi saya untuk melakukan perjalanan ke 5 negara dengan sepeda. Negara yang akan saya kelilingi dengan sepeda rencananya adalah Malaysia, Singapura, Thailan, Philipina dan Brunei,”ungkap Suprijanto menjawab RiauInfo di Pekanbaru.

Laki-laki yang telah dikaruniai dua anak itu mengatakan, keinginan mengelilingi Indonesia dengan sepeda ontel warisan orang tuanya itu mulai muncul saat dia duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) sekitar tahun 1971 silam. Saat itu, sebelum boleh menggunakan sepeda, Mbah Boncel merasakan betapa sulitnya berjalan kaki setiap hari ke sekolah. Sehingga, keinginannya menggunakan sepeda mengelilingi Indonesia juga datang dari rasa ingin tahu dengan budaya dan keragaman bangsa ini.

“Saya orang susah dulunya pergi sekolah berjalan kaki setiap hari. Keinginan keliling Indonesia ada sejak saya di bangku SMP yang dibolehkan memakai sepeda. Sepeda ini buatan tahun 1948 warisan orang tua saya,”ungkap Mbah Boncel.

Mbah Boncel tidak sendirian mewujudkan impiannya itu, Sejumlah pihak mendukung kelancaran hobi Mbah Boncel juga didukung oleh Bupatinya, Kabupaten Bantul. Sehingga, Bupati Bantul Idham Samawi berjanji akan memberikan fasilitas bagi Mbah Boncel untuk keliling 5 negara tersebut usai merampungkan keliling Indonesia yang ke duanya ini.(Surya)

 

Posting Terkait