Tanpa Penanganan Medis, 90 Persen Pengindap Rabies Meninggal Dunia

600 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Penyakit rabies yang biasanya ditularkan lewat gigitan hewan peliharaan seperti anjing, monyet maupun kuning ternyata bisa berakibat sangat fatal. Jika tidak segera ditangani secara medis, akan beresiko kematian. 

Kepala Dinas Kota Pekanbaru Syaiful Rab kepada wartawan di Pekanbaru menyebutkan, tingkat kematian akibat penyakit rabies ini memang tergolong besar. Jika tidak segera mendapatkan penanganan medis, maka sekitar 90 persen penderitanya meninggal dunia.

Karena itu dia minta kepada masyarakat Pekanbaru untuk mewaspadai penyakit yang biasa dikenal sebagai “anjing gila” ini. Menurut dia, selama tahun 2007 saja tidak kurang ditemukan 200 kasus rabies. Sebanyak 100 kasus diantaranya ditangani langsung oleh Diskes.

Dari data itu, menurutnya, telah menunjukkan bahwa kasus rabies di Pekanbaru tergolong besar. “Jadi saya minta masyarakat jangan mengabaikan masalah ini. Bagi yang memelihara anging, kucing dan keras harus lebih waspada. Jangan biarkan hewan peliharaan itu berkeliaran bebas,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait