Tak Zamannya Lagi Perusahaan Hanya Pikirkan Kepentingan Pemegang Saham

606 views
news2187PEKANBARU (RiauInfo) – Jika dulu banyak perusahaan di Indonesia beroperasi dengan hanya terfokus pada kepentingan pemegang saham dan keuntungan. Namun sekarang sikap seperti itu tidak bisa lagi dianut oleh perusahaan-perusahaan, karena perusahaan diwajibkan juga memikirkan masyarakat di sekitarnya.

Hal tu dikatakan Dikatakan Ketua Dewan Pendiri Corporate Forum for Community Development (CFCD) Emman Sugianto, dalam jumpa pers yang digelar Kamis (30/8) di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Jumpa pers ini digelar terkait rencana CFCD menggelar Expo, seminar, dan Talk show 2007 di Pekanbaru mulai besok.

Menurut Emman, saat ini sebuah perusahaan tidak bisa begitu saja mengabaikan masyarakat di sekitarnya. Karena saat ini masyarakat sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi perusahaan, dan bisa menjadi penentu perkembangan perusahaan tersebut.

Karena itulah, saat ini banyak perusahaan yang mulai memperhatikan program community development (CD). “Hanya saja masih banyak perusahaan belum mampu menjalankan program CD-nya dengan baik dan benar, sehinga program tersebut tidak mencapai sasaran,” jelasnya.

Sehubungan hal itulah, CFCD senantiasa memberikan masukan-masukan kepada perusahaan-perusahaan tentang bagaimana menjalankan program CD itu dengan baik dan benar. “Bahkan kami setiap tiga bulan sekali menggelar temu forum yang diikuti sejumlah perusahaan,” ungkapnya.

Temu forum yang terakhir dilaksanakan 29 Agustus kemarin di Indocement. Dalam temu forum itu hadir sebanyak 90 perwakilan dari perusahaan-perusahaan. “Disinilah kami membicarakan banyak hal tentang program CD yang harus dilakukan perusahaan,” tambah Emman lagi.

Disebutkannya, jika dulu banyak perusahaan yang menggabungkan program CD itu dalam kegiatan securitynya, tapi kita sudah disetarakan dengan bagian lainnya. Ini membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan sekarang telah menganggap program CD itu sebagai bagian penting dari perusahaan.

“Sekarang banyak perusahaan yang telah menyadari bahwa masyarakat di sekitarnya merupakan salah satu investasi yang cukup penting bagi perkembangan dan kelanjutan dari perusahaan tersebut,” jelas Emman lagi.(Ad/Tony)


Posting Terkait