Syarat Minimal Anggota PWI Cabang Riau, D3

591 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Riau kembali membuka penerimaan calon anggota baru tahun 2010. Seleksi penerimaan calon anggota baru PWI Cabang Riau dijadwalkan berlangsung tanggal 13 November 2010.


Berbeda dengan seleksi yang dilaksanakan tahun 2009 lalu, menurut Ketua Pelaksana seleksi calon anggota PWI Cabang Riau, Tun Akhyar, PWI Cabang Riau tahun ini mensyaratkan para calon anggota PWI Cabang Riau berpendidikan minimal Diploma Tiga. Menurut dia, syarat ini merupakan hasil keputusan PWI Pusat beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, kata Tun Akhyar, syarat tersebut sudah bisa dilaksanakan tahun lalu. Hanya saja, ketika itu PWI masih memberikan toleransi kepada para jurnalis yang masih berpendidikan dibawah D3 atau berijazah minimal SMA. “Terhitung tahun ini, PWI hanya menerima calon anggota yang berpendidikan minimal Diploma 3. Sedangkan syarat lainnya tidak ada perubahan dari tahun lalu,” kata Tun Akhyar, baru-baru ini.

Syarat-syarat yang dimaksud itu yakni, mengisi formulir, surat keterangan dari pemimpin redaksi, melampirkan fas foto ukuran 3×4 cm, melampirkan ijazah terakhir minimal DIII, serta membayar biaya administrasi sebesar Rp150.000.

Selain syarat pendidikan tersebut, setiap calon anggota nantinya juga diharuskan mengikuti sejumlah tahapan, seperti ujian tertulis dan tes wawancara. Materi ujian ini meliputi pengetahuan umum, serta pengetahuan tentang undang-undang jurnalistik dan Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI).

Dalam menjalankan profesinya, menurut Tun Akhyar, seorang wartawan harus dibatasi oleh aturan baik KEWI maupun undang-undang. “Wartawan itu harus mengerti kode etik, dan tentu saja mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang banyak hal,” katanya.

Untuk mengetahui persyaratan untuk mengikuti ujian calon anggota baru ini, peserta dapat menghubungi Ny. Wahyu Aprimadona di Sekretariat PWI Cabang Riau Jalan Sumatera No.6 Pekanbaru, Telp 0761-22974 pada jam kantor antara 08.00 – 16.00 WIB. Pendaftaran ditutup tanggal 9 November 2010. (rls)

Posting Terkait