SURVEI 16 LOKASI Enam Lokasi Dinyatakan Cocok Sebagai Bandara Baru

705 views

Pekanbaru – Konsultan PT Wiratmen telah melakukan survei terhadap rencana pemindahan bandar udara (bandara) baru sebagai pengganti lokasi bandara SSK II saat ini, dari 16 lokasi yang disurvei enam lokasi dinyatakan cocok untuk pembangunan lokasi bandara


Hal itu terungkap dari ekspose yang disampaikan PT Wiratman di depan gubernur HM Rusli Zainal di ruang serba guna kantor gubernur di Pekanbaru, Kamis.

Ke 16 lokasi dimaksud yakni Desa Simpang Beringin, Muda Setia, Segati di Kecamatan Langgam dan Desa Ukui Kecamatan Ukui di Kabupaten Pelelawan. Desa Bencah Kelubi, Siabu, Suka Mulya, Pantai Cermin, Tri Manunggal, Pangkalan Serik, dan Desa Bencah Durian di Kabupaten Kampar.

Kemudian Desa Kuala Asin, Muara Sago, Simpang Lubuk Dalam di Kabupaten Siak dan desa Pinggir di Kabupaten Bengkalis.

“Dari 16 lokasi yang disurvei itu kami menetapkan enam lokasi yang cocok untuk pembangunan bandara baru sebagai pengganti bandara yang sekarang,” ungkap Martias anggota dewan direksi PT Wiratman Martias.

Sedangkan enam lokasi yang dinyatakan cocok adalah Desa Pantai Cermin, Kampar dengan luas lahan 4.350 hektare jarak dari Pekanbaru 25 km, Desa Tri Manunggal, Kampar dengan luas lahan 7.950 hektare jarak dari Pekanbaru 31 km.

Kemudian, Desa Pangkalan Serik, Kampar dengan luas lahan 5.700 hektare jarak dari Pekanbaru 31 km, Desa Kuala Asin, Siak dengan luas lahan 3.550 hektare jarak dari Pekanbaru 33 km, Desa Segati, Pelelawan dengan luas lahan 7.400 hektare jarak dari Pekanbaru 37 km.

Selanjutnya Desa Pinggir, Kabupaten Bengkalis dengan luas lahan mencapai 5.000 hektare jarak dari Pekanbaru sekitar 99 km.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengharapkan agar aspek kajian ditambah berupa aspek geo politik dan aspek sosial. Gubernur juga berharap agar kajian ini segera difinalisasi, karena kebutuhan akan bandara baru bagi Riau sangat dibutuhkan sekali.

Posting Terkait