Surat Dari Praha Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2017

861 views

JAKARTA (Riauinfo) – Keberuntungan baru diperoleh film Surat Dari Praha. Setelah sukses memboyong 3 penghArgaan Usmar Ismail Award 2016, diantaranya penghargaan film terbaik dan Aktor Terbaik, film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko itu dipastikan mewakili Indonesia dalam ajang perebutan nominasi Oscar 2017.

Keputusan dikeluarkan di Jakarta kemarin setelah dalam rapatnya yang berlangsung sengit, sejumlah perusahaan film di Jakarta memantapkan Surat Dari Praha paling pantas mewakili Indonesia di ajang oscar.

Sheila Timothy salah seorang pemilik usaha perfilman yang ikut rapat penentuan wakil film Indonesia Ikuti nominasi Oscar itu mengatakan, kekuatan Surat Dari Praha karena film itu mengusung tema kemanusiaan, sesuai dengan tema  Oscar 2017.

“Di ajang nominasi Oscar nanti, film Surat Dari Praha akan bertarung dalam kategori film berbahasa asing terbaik. Film di kategori itu pesertanya cukup banyak, dan kualitasnya hebat hebat, hasil kiriman negara negara maju lainnya.” Ujar Sheila.

Surat Dari Praha mengisahkan tentang Jaya yang berniat menghabiskan masa senjanya di Praha, ceko. Sudah lama ia memutuskan melupakan indonesia dan mengkhlaskan cintanya di Indonesia setelah kewarganegaraannya dicabut, gara gara Jaya (dipernkan Tio Pakusadewo) menolak Orde Baru pada 1965. Namun kehidupan Jaya tiba tiba terusik dengan datangnya Larasati (Julie Estelle), seorang perempuan muda dari Indonesia yang mengantarkan sebuah kotak kayu berisi surat untuknya.

Seketika luka lama Jaya terbuka lagi saat melihat surat itu. Tetapi Jaya sudah telanjur melupakannya, namun justru surat itulah yang akhirnya memancing kemarahan Larasati. Ia menuding Jaya sebagai penyebab kekacauan hidupnya, orang yang mestinya bertanggungjawab atas ketidakbahagiaannya.

Penilaian film kategori berbahasa asing terbaik Oscar 2017 dijadwalkan Februari 2017 di Hollywood, California, Amerika Serikat. Beberapa sineas Indonesia termasuk musisi Glenn Fredly yang memproduseri film itu berharap Surat Dari Praha akan meraih keberuntungan baru di ajang Oscar. (Tuti Kirana Dewi/Herman Ami)

Posting Terkait