Sumbar Korban Tunggal Karhutla di Sumatera

637 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menyala di wilayah Pulau Sumatera. Jumat (13/11/09) ini, BMKG melaporkan hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mendapatkan titik kebakran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Meski jumlahnya masih relatif kecil, namun Provinsi Sumbar tercatat sebagai satu-sataunya yang mengalami kebakaran hutan dan lahan dengan satu titik api di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Padahal, BMKG melaporkan peluang hujan relatif merata terjadi pada sebagian besar provinsi di Pulau Andalas ini. Kepala Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Philip Mustamu melalui staf analisa Rahmad Tauladani mengatakan, pola cuaca masih relatif sama dengan cuaca beberpa hari terakhir di Sumatera.

Dimana peluang hujan masih meluas di sejumlah wilayah Provinsi. Sedangkan pertumbuhan titik api dinilai adanya keadaan cuaca cerah berawan pada siang hari di suatu daerah, seperti Sumatera Barat tersebut hari ini.(Surya)

Posting Terkait