Sumbar Dapat DIPA Rp 11,9 T, Riau Hanya Rp 5,7 T

645 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Walau Pemprov Riau telah menargetkan akan menerima Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) sebesar Rp 12 trilian pada tahun 2008 ini, ternyata kenyataannya DIPA yang diterima Riau sangat jauh lebih kecil dari target itu. Bahkan bila dibandingkan dengan DIPA yang diterima Sumbar, DIPA Riau itu tidak sampai setengahnya.

Jika Sumbar menerima DIPA sebesar Rp 11,9 triliun, Riau hanya menerima kurang dari separohnya yakni cuma Rp 5,737 Triliun. Jumlah DIPA yang diterima Riau itu dinilai sangat tidak pantas, karena sangat kecil bila dibandingkan dengan potensi-potensi yang dimiliki daerah ini.

Rasa tidak puas itu sempat pula dikemukakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal usai pertemuannya dengan Komisi II DPR RI di Gedung Daerah kemaren. Dia menyebutkan kecilnya DIPA yang diterima Riau ini menandakan pemerintah pusat belum memperhatikan potensi-potensi yang dimiliki daerah ini.

Sementara itu Kepala Bappeda Riau Emrizal Pakis menambahkan dalam DIPA Riau 2008 diketahui anggaran DIPA dekonsentrasi dan DIPA sektoral serta Dana Alokasi Khusus untuk Riau tahun ini mengalami peningkatan. Hanya saja terjadi penurunan pada anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).(Ad)

 

Posting Terkait