Suku Sakai Binaan Chevron Panen Lele

PEKANBARU (RiauInfo) – Kelompok Tani Karya Mandiri dari kalngan Suku Sakai binaan PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) panen raya perdana 15.000 ikan lele dumbo di Kampung Adat Sakai, Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

“Bantuan Bibit ikan lele dumbo merupakan bagian dari program investasi sosial terintegrasi dan berjangka panjang yang diprakarsai oleh Chevron: Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access (PRISMA),” kata Government Relation Specialist Chevron, Yuni Amri lewat pesan elektronik yang diterima, Jumat (2/10/2015) siang.

Ketua Kelompok Tani Karya Mandiri, Susanto, menceritakan ihkwal masyarakat di sekitar yang tidak memiliki pekerjaan dan sekarang mereka sudah memiliki penghasilan yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Chevron yang telah membantu. Warga sudah banyak bergabung dan ikut merasakan manfaatnya,” kata Susanto saat panen perdana akhir September lalu.

Lebih lanjut Susanto berharap semoga kedepannya bisa dikembangkan program lainnya seperti peternakan dan juga perkebunan.

Sementara itu mewakili Chevron, Yuni Amri menjelaskan, bantuan bibit ikan lele dumbo diberikan dengan tujuan agar perekonomian masyarakat dapat meningkat.

“Kami berharap masyarakat dapat mandiri mengembangkan program budidaya ini dan mudah-mudahan kegiatan berjalan sukses dan terus berlanjut” kata Yuni.

Chevron kata dia terus berupaya mendukung peranan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Melalui Program PRISMA, lanjut dia, pemberdayaan ekonomi masyarakat diimplementasikan pada program pertanian terpadu, kluster usaha kecil dan akses permodalan skala mikro, peternakan/perikanan dan sebagainya.

Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, kata dia, Chevron dan mitra pelaksana program terus melakukan pembinaan, penyebaran peralatan pendukung program dan pendampingan di lapangan guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjalankan usaha serta mengembangkan potensi lokal.

“Program PRISMA saat ini sudah bergulir di seluruh operasi Chevron di Indonesia termasuk pada beberapa kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai,” katanya. (ad)

Adrizas: