SUKSESKAN RIAU GEMAR MEMBACA Perpustakaan Daerah Tingkatkan Pelayanan dan Koleksi Bacaan

625 views

Pekanbaru – Perpustakaan Daerah Soeman HS kian berbenah. Berbagai koleksi dilengkapi, pelayanan diperbaiki. Sampai Juni 2006 tercatat sudah 132 ribu pengunjung ke perpustakaan milik pemerintah daerah tersebut.


Data dari Badan Perpustakaan dan Arsip (BPA) Provinsi Riau pengunjung dari mahasiswa berjumlah 87.935 orang, pelajar 16.874, masyarakat umum 21.540 dan anak-anak 5.985 orang.

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan Riau Soeman HS Dra Zaina menjelaskan dari jumlah itu tercatat sebagai peminjam sebesar 40.139 orang. Mereka adalah dari kalangan umum 9.875, mahasiswa 21.363, pelajar 7.932 dan anak-anak 969 orang. “Di sini siapa saja boleh meminjam buku asal memenuhi aturan yang berlaku,” jelasnya.

Koleksi buku Perpustakaan Soeman HS terdiri dari buku umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu pengetahuan murni, teknologi, kesenian, kesusastraan, geografi dan sejarah. “Koleksi kita saat ini berjumlah 141.385 eks,” tambahnya.

Zaina mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan pelayanan. Salah satu diantaranya melengkapi koleksi buku-buku. Baik untuk anak-anak, dewasa atau umum.Selain itu juga ada bilik khusus untuk koleksi buku-buku melayu. Kemudian juga dilengkapi dengan koleksi audio visual atau non naskah serta perpustakaan keliling.

Ia mengungkapkan koleksi anak saat ini tersedia bacaan berupa buku cerita anak, pelajaran sekolah, ensklopedi binatang, alat peraga anak serta dongeng untuk anak. Sistem pelayanan yang dipergunakan pelayanan terbuka. Begitu juga dengan koleksi untuk dewasa atau umum. “Koleksi ini dapat dibaca di tempat dan boleh dipinjam untuk dibawa pulang,” kata Zaina.

Sedangkan koleksi referensi diatur dengan sistem pelayanan tertutup. Koleksi ini berisi koleksi non fiksi, kamus, ensklopedi, peta, kalender, buku tahunan, direktori serta buku-buku informatif. Koleksi ini hanya bisa bisa dibaca ditempat.

Hal yang sama juga berlaku pada koleksi deposit atau bilik melayu. Hanya boleh dibaca ditempat, tidak boleh dibawa pulang. “Koleksi ini terdiri dari sejarah dan budaya Riau serta koleksi terbitan daerah,” ucap Zaina.

Koleksi audio visual berupa pita rekaman, berisi bahasa asing, pelajaran agama, ilmu pengetahuan umum, cerita anak-anak, cerita dewasa. Koleksi ini hanya dipakai ditempat.

Sementara perpustakaan keliling dengan mobil mengunjungi berbagai tempat dan wilayah seperti sekolah atau kelurahan. Petugas keliling ini langsung melayani masyarakat dengan terpadu. “Penyedian koleksi yang semakin lengkap ini kita berharap minta baca masyarakat semakin meningkat seiring dengan pencanangan Riau Gemar Membaca,” harapnya.

 

Posting Terkait