Sukseskan PON, Kembangkan Ekonomi Kreatif

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk menyukseskan PON XVIII 2012 mendatang, pengembangan ekonomi kreatif mutlak diperlukan. Untuk itu, Balitbang Riau membuka Gerai Ekonomi Kreatif dan mengajak masyarakat menciptakan peluang ekonomi baru.


“Salah satu sukses PON nanti ditentukan ekonomi kerakyatan. Maka dengan gerai ini kita mengajak masyarakat bersama menciptakan peluang ekonomi baru,’’ ujar Kepala Balitbang Riau, Prof Dr Tengku Dahril MSc.

Hal itu dikatakannya saat peresmian Kantor Pusat Informasi dan Pembinaan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, di Sudirman City Square. Tengku Dahril menyebutkan, catur sukses PON yang harus diterapkan adalah sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan dan sukses promosi daerah.

“Dari keempat itu, Balitbang Riau fokus pada dua bagian terakhir yakni ekonomi kerakyatan dan promosi daerah,” ujar Tengku Dahril.

Dengan adanya kantor pusat ini beserta gerainya, diharapkan ekonomi kerakyatan, khususnya yang berkaitan dengan PON akan ikut bergerak. Sejak tahun 2011 lalu, pihaknya telah mengadakan lomba membuat souvenir PON, dan telah pula diketahui pemenangnya. Hadiah diberikan hari itu juga. Setidaknya, dari lomba itu sudah ada 293 bentuk souvenir PON.

“Ini baru contoh, dan nanti segera kita produksi massal. Kita akan kerja sama dengan Dinas Perindag dan Diskop UKM untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Souvenir PON ini tak hanya akan ada di kantor ini saja. Pihaknya akan mengajak UKM untuk membuat gerai-gerai lainnya agar semarak ekonomi kerakyatan ini terus berkembang.(zas/rp)

Rizki: