Suhu di Riau Sudah Berada di Atas Normal

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam beberapa hari terakhir ini suhu di Riau sudah berada di ambang batas. Misalnya saja saja pada tanggal 7 April lalu tercatat suhu di Riau sempat mencapai 35 derajat celsius, padahal suhu normal maksimum hanya 32 derajat celsius.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyebutkan tingginya suhu di Riau akhir-akhir ini disebabkan saat ini posisi matahari di bawah garis sebelah utara equator. Diperkirakan kondisi ini akan terus terjadi hingga akhir bulan April.

Kenaikan suhu di Riau ini juga disebabkan terganggunya pertumbuhan awan. Akibatnya terjadi tekanan renadah dan angin dominan mengarah ke laut. Keadaan ini memicu pnasnya suhu. Kemudian jika terjadi hujan pagi sore atau malam hari akan berpeluang pagi sampai siang cuaca menjadi cerah dan suhu meningkat.

Hanya saja kondisi ini tidak akan terjadi terus menerus, sebab ada kalahnya suhu menurun, terutama saat terjadi hujan. “Suhu cuaca di Riau sifatnya fluktuatif, kadang rendah dan kadang tinggi,” ungkap Staf BMKG Pekanbaru, Marzuki di Pekanbaru.(ad)

Rizki: