SUASANA SEMPAT TEGANG Aburizal Bakrie Jadi Ketua Umum Golkar

546 views
news10945PEKANBARU (RiauInfo) – Aburizal Bakrie akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Golkar periode 2009-2014. Ical, begitu ia kerap disapa, terpilih sebagai pemenang setelah mendapatkan sebanyak 297 suara dalam pemilihan ketua umum partai itu di Hotel Labersa, Kampar, Pekanbaru, Rabu 7 Oktober 2009.

Pemilihan yang sempat dipenuhi ketegangan ini akhirnya berakhir hingga Kamis (8/10) sekitar pukul 03.30 dini hari. Pesaing terdekat Aburizal, Surya Paloh yang meraih cukup banyak suara juga. Dua calon lainnya Yuddy Chrisnandy dan Tommy Soeharto tidak mendapat suara.

Penetapan Aburizal sebagai ketua umum itu sesuai dengan ketentuan Pasal 39 Tata Tertib soal mekanisme pencalonan. Di situ disebutkan bahwa calon yang maju harus didukung 30 persen suara. Jumlah pemilih dalam Munas ini 538 yang terdiri dari DPD I, DPD II, DPP dan Organisasi Massa (Ormas) yang bernaung di bawah Golkar.

Tiap pemilih hanya mengajukan satu calon. Dalam pasal itu disebutkan bahwa bila ada bakal calon yang didukung 50 persen lebih suara, maka bakal calon itu langsung ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Dari total pemilih itu, yang ikut mencontreng 537 suara. Satu suara tidak mencontreng karena perwakilan yang dikirim ke sana tidak sah. Dari jumlah 537 itu satu suara tidak sah. Jadi jumlah suara yang dhitung 536. Jumlah 50 persen plus satu dari jumlah itu adalah 269 suara.

Setelah Aburizal dipastikan keluar sebagai pemenang, suasana Ballroom Hotel Labersa terlihat meriah. Para pendukung Aburizal bergembira, saling berangkulan dan bertepuk tangan. Pendukung Aburizal yang terlihat di ruang itu antara lain Akbar Tanjung, Agung Laksono,Theo Sambuaga dan beberapa petinggi Golkar lainnya.(ad)

Posting Terkait