Suasana Merah Mulai Selimuti Kawasan Pasar Bawah Pekanbaru

651 views
Warga Tionghoa sedang membeli berbagai kebutuhan Imlek

Warga Tionghoa sedang membeli berbagai kebutuhan Imlek

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski Hari Imlek 2561 masih beberapa hari lagi, namun suasana merah mulai menyelimuti kawasan Pasar Bawah Pekanbaru. Sejumlah tokoh terlihat meriah dengan warga merah yang berasal dari pernik-pernik imlek yang dijualnya.

Selain itu sepanjang Jalan Karet juga telah terpasang ribuan lampion yang juga berwarna merah. Lampion-lampion ini saat malam hari akan bercahaya sehingga menambah semaraknya suasana. Sejumlah warga keturun Cina terlihat sangat antusias membeli berbagai keperluan Imlek.

Untuk Pekanbaru suasana Imlek memang sangat terasa di kawasan Pasar Bawah, terutama di Jalan Karet karena di daerah ini memang mayoritas dihuni warga Tionghoa. Setiap Imlek mereka rayakan besar-besaran sesuai tradisi seluhur mereka.

Ahong (45) salah seorang warga Tionghoa mengatakan, Imlek bagi mereka tidak ubahnya Idul Fitri bagi umat Islam dan Natal bagi umat Kristian. “Kami merayakannya dengan bersilaturahmi dengan famili dan sabahat-sabahat,” ungkapnya.

Karena pada Imlek ini ada acara berkunjung-kunjung, maka merekapun menyambut hari ini dengan membersihkan rumah dan menyiapkan berbagai makanan, seperti kue-kue, buah-buaham dan berbagai minuman. Bahkan merekapun tidak lupa menyiapkan angpao.(ad)

Posting Terkait