STASUS MASIH WARNING… Perairan Kepri Diamuk Gelombang Hingga 5 Meter

596 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru kembali memperingatkan pelayaran terhadap gelombang tinggi maksimum mencapai 5 meter di sejumlah perairan provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Selasa (16/12) ini. Wilayah jalur padat pelayaran seperti Selat Singapura dan perairan pulau Batam juga masih mengalami gelombang tinggi hari ini. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, gelombang yang membahayakan pelayaran itu terjadi di perairan Selat Batam dan Singapura sebagai daerah yang padat jalur pelayaran itu mengalami gelombang mencapai 1,5 hingga 3 meter hari ini.

Sedangkan ketinggian gelombang maksimum mencapai 4 hingga 5 meter terjadi di wilayah perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, Dabo Singkep, Tarempa dan sekitarnya. BMG Pekanbaru mendapatkan, gelombang tinggi itu muncul akibat masih adanya pusaran angin di atas permukaan laut negara Philipina sebelah Timur. Badai trhopis bernama badai Dolphin itu relatif dekat dengan perairan Kepri tersebut.

Sehingga pengaruh angin kencang dan peluang hujan menjadikan permukaan air laut juga meninggi di Kepri.
Menurut BMG, pusaran angin dan tekanan rendah disertai cuaca buruk di sejumlah perairan itu merupakan gejala musim hujan yang sering terjadi menjelang akhir tahun setiap tahunnya.(Surya)



Posting Terkait