SPS Riau Gandeng PWI Riau Gelar UKW, Peserta Tidak Dipungut Biaya

100 views

PEKANBARU (Riauinfo) – Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Riau akan menggelar Pra-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan UKW gratis pada 19-21 September 2022 mendatang. Untuk lembaga pengujinya, SPS menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau.

Ketua SPS Riau, Khairul Amri mengatakan bahwa untuk wartawan yang menjadi peserta UKW nantinya sebagian besar adalah pengurus dan anggota SPS.

“Tapi ada juga beberapa peserta dari media di luar pengurus SPS tapi masih anggota PWI. Ini semua biayanya ditanggung oleh SPS dan dibantu oleh Pemerintah Provinsi Riau, jadi peserta tidak perlu keluarkan uang, semua gratis,” kata Khairul, Selasa (13/9/2022).

Khairul menambahkan bahwa pelaksanaan UKW bukan tugas SPS karena SPS tidak termasuk ke dalam lembaga uji yang diakui oleh Dewan Pers. Namun oleh sebab SPS adalah gabungan dari perusahaan-perusahaan media, Khairul merasa memiliki kepentingan untuk membantu wartawan.

“Sering saya katakan kenapa SPS mengadakan UKW menggandeng PWI ini karena SPS merasa berkepentingan. UKW ini ‘kan dikhususkan untuk wartawan, nah wartawan itu memproduksi berita di perusahaan-perusahaan media. Jadi diharapkan dengan wartawan yang kompeten di media yang kita pimpin, produk beritanya akan semakin baik dan bagus,” ujarnya.

Khairul menjelaskan bahwa dengan produk berita yang bagus tentu medianya akan dibaca oleh masyarakat dan semakin baik citranya, sehingga otomatis medianya pun menjadi sehat.

“Bagi SPS wartawan itu adalah pangkalnya media, jadi kalau wartawan tidak kompeten, tidak bagus, medianya juga tidak kompeten dan tidak bagus,” paparnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana, Amril Jambak, mengatakan bahwa PWI Provinsi Riau hanya bertindak sebagai lembaga penguji sekaligus pelaksana teknis kegiatan.

Untuk pelaksanaan UKW nanti, jelas Amril, akan ada 30 peserta yang terbagi ke dalam 5 kelas. 24 orang akan menguji UKW jenjang Muda, dan 6 orang lainnya jenjang Madya.

Kegiatan Pra-UKW itu akan dilaksanakan di Gedung PWI Provinsi Riau, jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, pada 19 September 2022 dan UKW akan dilaksanakan di Hotel Hollywood, Pekanbaru, pada 20-21 September 2022.

“Lalu untuk pengujinya nanti ada dari Batam 2 orang dan dari Pekanbaru 3 orang. Nama-namanya nanti akan kami umumkan saat hari H saja,” tutup Amril.(rilis)

Pwi riau SPS Riau UKW

Posting Terkait