Soal UN Tingkat SMP Mulai Disalurkan

PEKANBARU (RiauInfo) – Distribusi soal Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah mulai dilakukan. Diantaranya, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti. Namun untuk, Kepulauan Meranti terpaksa dibatalkan karena tidak ada kapal yang berangkat menuju ke sana. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Agustiarman, Kamis (25/03/10).


Menurut Agustiarman, pentingnya pendistribusian ini mengingat pada dua daerah tersebut letak geografisnya yang jauh serta dibatasi aliran-aliran sungai. Jika terlambat dilakukan pendistribusian, dikhawatirkan akan menjadi kendala dalam melakukan pendistribusian di daerah tersebut.

”Hari ini kita telah melakukan pendistribusian soal UN untuk SMP pada dua kabupaten di Riau. Yakni Inhil dan Kepulauan Meranti. Namun untuk Meranti terpaksa kita tunda hingga besok (hari ini, red) mengingat tadi tidak ada kapal yang berangkat ke sana,” jelas Agustiarman.

Dilanjutkannya, dalam melakukan pendistribusian soal tersebut, dikawal oleh petugas dari kepolisian beserta tim pengawas dari Dinas Pendidikan Riau, Tim Pengawas Independen (TPI), serta mahasiswa.

”Mereka ini sebelum ditugaskan terlebih dahulu dilakukan sumpah. Sehingga kejujuran pelaksanaan UN ini bisa terjamin,” ujarnya.

Selain pendistribusian di dua daerah tersebut, pada hari Kamis dan Jumat ini juga akan dilakukan pendistribusian lanjutan. Pendistribusian dilakukan menyesuaikan jarak dan geografisnya. ”Semakin dekat semakin lambat juga dilakukan pendistribusiannya. Seperti halnya Pekanbaru,” katanya lagi.(diskominfo-pde)

Rizki: