SMKN 01 Bangkinang Siap Melaksanakan Ujian Akhir

626 views

KAMPAR (RiauInfo) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Bangkinang sebagai sekolah kejuruan negeri yang paling tertua di Kabupaten Kampar. Dalam rangka menyambut dan melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun 2011, pihak SMKN 01 Bangkinang terus menggelorakan semangat anak didik dengan semboyan “Jujur Harus Prestasi Yes “.


Ungkapan ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMKN I Bangkinang Ali Amran ketika ditemui diruang kerjanya di SMKN I Bangkinang, Kamis (10/02/2011). Dia menambahkan bahwa semboyan tersebut merupakan semboyan yang bersifat nasional yang sering diungkapkan Mendiknas RI dalam rangka menyambut pelaksanaan UAN yang dijadualkan berlangsung pada bulan April 2011 mendatang.

“Pada tahun 2011 ini jumlah siswa dan siswi yang akan mengikuti UAS , UAN dan ujian kompetensi di SMKN I Bangkinang sebanyak 218 orang. Ujian Nasional dijadwalkan berlangsung dimulai dari tanggal 18-21 April 2011 mendatang, dan pengumuman kelulusan yiatu tanggal 16 Mei 2011 mendatang. 218 orang anak didik yang akan mengikuti ujian tersebut saat ini mengikuti pendidikan kejuruan pada lima program keahlian yakni teknik mekanik otomotif, teknik audio video, teknik pendingin dan tata udara, teknik computer dan informatika serta program keahlian permesinan,” ujar Ali.

Khusus dalam hal penentuan kelulusan siswa-siswi di SMK Negeri I Bangkinang sesuai ketentuan yang berlaku maka bobot nilai untuk ujian sekolah adalah 40% dan bobot ujian nasional sebesar 60%. Sedangkan standar kelulusan adalah dengan nilai 5,5. Meteri ujian terdiri dari ujian Metematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris plus mata pelajaran IPA dan IPS.

“Pelaksanaan ujian nasional pada hakikatnya bertujuan untuk mengukur temperatur pendidikan secara nasional, mengukur standar pendidikan disuatu sekolah yang pada intinya dengan adanya standar tersebut anak didik yang karena satu dan lain hal harus pindah sekolah, maka akan mendapatkan kemudahan untuk mengikuti pelajaran disekolah yang baru. Ujian Nasional juga bertujuan untuk menentukan kualitas sekolah dan sekaligus dapat diketahui mata pelajaran apa yang menjadi titik lemah sehingga pada mata pelajaran tersebut dapat dicarikan solusi dengan harapan anak didik akan lebih serius mempelajari mata pelajaran tersebut,” jelas Kepala SMKN 01 Bangkinang.

Pada pelaksanaan UAS, UAN bahkan pada ujian kompetensi diharapkan anak didik akan mengikuti ujian dengan semboyan Jujur harus prestasi Yes. Dan kemungkinan pada pelaksanaan UAN tahun ini, siswa yang mengikuti ujian pada satu lokal atau ruangan ujian akan menghadapi materi ujian yang berbeda. Artinya pada ujian tersebut akan betul-betul diuji kemampuan individu anak didik serta ujian tersebut akan diawasi secara ketat oleh para pengawas ujian.

” Perbedaan nyata pelaksanaan UAN tahun 2011 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah bahwa anak didik yang tidak lulus tidak dapat mengulang ujian pada tahun 2011. Anak didik yang tak lulus baru dapat mengikuti ujian pada pelaksanaan UAN tahun berikutnya,” kata Ali.

Ali menambahkan bahwa serangkaian persiapan untuk mempersiapkan anak didik menghadapi ujian tersebut telah dilakukan di SMKN I Bangkinang. (arief)

Posting Terkait