SMA Cendana Wakkili Riau di Ajang Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

1922 views

green housePEKANBARU: SMA Cendana mewakili provinsi Riau dalam ajang Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Program Sekolah Adiwiyata merupakan program pelestarian lingkungan yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dengan tujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dalam kurikulum pendidikannya, SMA Cendana memasukan mata pelajaran prakarya untuk mengelola limbah sampah agar menjadi barang yang bernilai dan berguna. “Setiap kelas wajib mengirimkan barang prakarya mereka ke lemari pajangan yang terletak di depan pintu masuk sekolah,” ujar duta lingkungan dari Palang Merah Remaja (PMR) SMA Cendana, Rezkita Gustarachma, Jumat (28/8).

Pemanfaatan limbah sampah oleh SMA Cendana diawali dengan menempatkan tong sampah tiga warna di depan kelas. Pemberian warna pada tong sampah berdasarkan penggunaannya: merah untuk plastik, hijau untuk tanaman, kuning untuk kertas.

Rezkita menambahkan “Sampah botol minuman kami olah menjadi vas bunga atau hiasan, pecahan Compact Disk diolah menjadi kaca hias, sementara sampah yang berasal dari tanaman kami jadikan pupuk kompos.”

SMA Cendana memiliki rumah kompos (green house) untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk yang berfungsi untuk menyuburkan tanaman. “Di green house ini, kami diajarkan manfaat dari tanaman yang kami tanam,” ujar perwakilan duta lingkungan dari Pramuka, Bintang Apriansyah.

“Program adiwiyata menyadarkan kami betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Semoga apa yang telah kami lakukan ini akan membawa dampak besar di kemudian hari, terutama bagi anak cucu kami.”

Program Adiwiyata di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana (YPC) telah meraih banyak prestasi. Selain SMA Cendana Pekanbaru, SMP Cendana Pekanbaru yang berstatus Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi, saat ini juga sedang berupaya untuk mencapai status Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Sementara SD Cendana Minas telah meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi. Program Adiwiyata di lingkungan YPC merupakan kerjasama antara BLH Kota Pekanbaru, Chevron dan keluarga besar sekolah Cendana.(rls/ad)

Posting Terkait