Slank dan Judika Ajak Penggemar Ramaikan Karnaval Proklamasi di Danau Toba

1127 views

slank

JAKARTA (Riauinfo) – Kelompok musik rock papan atas Indonesia , Slank, dan rocker Judika, meminta para penggemarnya beramai-ramai mengunjungi Danau Toba pada 20-21 Agustus mendatang. Pada dua hari kerja itu, Bimbim, penabuh drum “Slank” mengaku seluruh personel Slank mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk menyemarakkan Karnaval Proklamasi di Danau Toba. “Jadi, saya menghimbau sahabat sahabat dan saudaraku penggemar Slank untuk berkunjung ke Danau Toba. Kita nyanyi bareng disana menikmati kemerdekaan negara kita yang ke-71,” ujar Bimbim yang juga diamini seluruh personil Slank, saat dihubungi “Riauinfo” di Jakarta kemarin.

Ajakan serupa disampaikan pula oleh rockers judika. Penyanyi berdarah Tapanuli ini kepada “Riauinfo” mengaku bangga dapat kepercayaan pemerintah pusat menghibur masyarakat Danau Toba di panggung terapung Parapat, Danau Toba. “Saya akan tampil bersamaan dengan Slank. Pasti meriahlah, apalagi kalau para penggemar datang ke sana, berwisata ke Danau Toba sambil menikmati hiburan dari Slnak dan Saya, serta beberapa penyanyi lain,” ujar Judika sambil mengingatkan bahwa dalam acara hiburan itu, Presiden Jokowi akan menyaksikan secara langsung, disaksikan dengan sejumlah undangan yang datang dari seluruh Indonesia.

Menurut Jay Widianto selaku Kordinator Pelaksana Karnaval, selain Slank dan Judika panitia juga melibatkan beberapa artis lain diantaranya Edo Kondologit, Opie Anfaresta, Sammy Simorangkir dan banyak lagi lainnya.

“Pokoknya ramai deh. Karnaval Kemerdekaan ini kan hajatan rakyat seluruh Indonesia, digelar setahun sekali, jadi harus ramai. Acara yang pertama karnaval kemerdekaan ini diwujudkan tahun lalu di Pontianak, Kalimantan Barat, yang juga dihadiri bapak Presiden Jokowi serta beberapa menteri lainnya.” Ujar Jay.

Dia menambahkan karnaval akan diwujudkan di dua tempat di kawasan Danau Toba, yakni di Balige dan di Parapat. Karnaval akan diikuti peserta dari 26 provinsi dan 26 kabupaten serta kotamadya di provinsi Sumatera utara. Dari sejumlah peserta telah dipastikan ada 15 mobil hias dengan tema-tema visual berbagai sub etnik Batak, iring iringan 700 wanita berpakaianadat yang menjunjung tandok. “Tandok itu anyaman berisi beras yang biasanya dipanggul di atas kepala oleh perempuan Batak,” jelas Jay.

Selain itu, kata Jay, juga akan ada barisan 350 pemain seruling, 100 wanita penari Cawan, Si Gale Gale yang ditandu, Tarian 5 Puak, Topeng Huda Huda, pesilat Simalulungun dan Gundala Gundala Karo. Panggung apung di Parapat dispesialkan untuk lokasi hiburan musik dari artis nasional yang didatangkan dari Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers dilangsungkan di ruang rapat kantornya di Jakarta, Selasa lalu menjelaskan, pelaksanaan karnaval kemerdekaan di Danau Toba sekaligus untuk mengingatkan kepada masyarakat luas, bahwa sekarang ini Danau Toba telah ditetapkan menjadi salah satu dari 10 “Bali Baru” di Indonesia.

Ke-9 “Bali Baru” lainnya adalah Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Bromo Tengger di Jawa Timur, Borobudur di Jawa Tengah, Tanjung Lesung di Banten, Mandalika di Lombok, Nusa tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara.

Seperti “Bali Baru lainnya, Menpar mengatakan potensi wisata Danau Toba akan digarap seindah mungkin sehingga penampilannya mirip Monaco. Untuk itu mulai tahun ini Pemerintah bekerja keras memajukan Danau Toba hingga menjadi destinasi menarik bagi turis nusantara dan mancanegara. “Tentu saja perubahan itu ditujukan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Sumatera utara, khususnya di sekitar Danau Toba> Lebih luas lagi, perubahan bentuk Danau Toba dan 9 Bali Baru lainnya ditujukan untuk menjadikan pariwisata sebagai devisa negara indonesia pada tahun 2019 nanti. ’ ujar Menpar.

Berkait dengan usaha memajukan Danau Toba menjadi salah satu “Bali Baru” di tanah air, pemerintah pusat juga telah membangun berbagai sarana vital, diantaranya bandara Silangit, Toba. Bandara tersebut kini telah difungsikan melayani penerbangan Toba-Kualanamu, Toba Jakarta dan Toba ke kota-kota lainnya di tanah air.

Menpar juga berharap para penggemar kelompok Slank dan Judika serta artis penyanyi lainnya seperti Sammy Simorangkir dan Edo Kondologit mau beramai-ramai mengunjungi Danau Toba, melihat pesona keindahan alam Danau Tobna sambil menikmati sajian hiburan dari artis nasional. (Tuti Kirana Dewi/Herman Ami)

Posting Terkait