Siswa SMP Global Andalan Ikuti Seleksi Nasional 6th IJSO

631 views

PEKANBARU: Prestasi membanggakan kembali datang dari SMP Global Andalan (SMP GA) PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT.RAPP), Pangkalan Kerinci, kabupaten Pelalawan. Khairunnisa siswa kelas 8 sekolah tersebut berhasil lolos seleksi sebagai calon peserta the 6th International Junior Science Olympiad (IJSO-6) tingkat Propinsi Riau yang diadakan di Hotel Furaya Pekanbaru Februari lalu.

Hal ini sampaikan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Ditjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional melalui suratnya kepada Kadis Diknas Propinsi Riau minggu lalu, yang ditembuskan kepada Kepala Sekolah SMP GA.

Kepala Sekolah SMP GA, Adven Daely menyatakan bahwa Nisa merupakan satu satunya wakil Riau dari 45 peserta yang mewakili 33 propinsi se-Indonesia. Atas keberhasilannya itu, Nisa akan menjalani pembinaan tahap I yang diselenggarakan di Bandung 25 April 2009 mendatang.

Pembinaan selama satu bulan ini merupakan proses seleksi untuk menetapkan tujuh peserta untuk pembinaan tahap II selama enam bulan, yang nantinya ketujuh orang ini akan dikirim ke Azerbaijan tempat IJSO 6 berlangsung sebagai duta dari Indonesia.

”Pada seleksi tingkat Propinsi yang lalu, Nisa berhasil menyisihkan 29 pesaingnya yang berasal dari 11 kabupaten/kota yang ada di Propinsi Riau. Kabupaten Pelalawan sendiri mengutus 3 kandidat peserta yaitu Deswanisa, Sitti Natasha, dan Khairunnisa sendiri, yang juga siswa SMP GA.” ucap Adven.

”Untuk masuk dalam seleksi tersebut, sangat tidak mudah dimana para siswa haruslah memenuhi persyaratan yang ditentukan, diantaranya nilai matematika dan sains minimal 79, dan rata-rata nilai minimal 80 selama di kelas 7 dan 8” lanjutnya.

Prestasi anak pertama dari empat bersaudara ini pasangan Irman Aldrin dan Zuraidah yang merupakan karyawan PT.RAPP tak hanya itu saja. Sebelumnya Nisa, telah beberapa kali memenangkan sejumlah perlombaan dan kompetisi serupa baik ditingkat kabupaten, propinsi maupun tingkat nasional.

Nisa pernah meraih juara 1 pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk Sekolah Dasar (SD) tingkat kabupaten (2006), juara 3 OSN SD tingkat propinsi (2006), dan pada tahun yang sama ia juga berhasil meraih medali perak pada OSN tingkat Nasional. Selain itu, siswi yang bercita-cita menjadi seorang ilmuwan ini pun setiap semesternya selalau menduduki peringkat pertama di kelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Bandrio,S.Pd mewakili Kepala Dinas, Drs.Darwis Alkadam MSi mengungkapkan kebanggannya dan tidak lupa memberikan ucapan selamat kepada Khairunnisa dan SMP GA. ’’Selamat kepada Khairunnisa dan kepada SMP Global Andalan yang menjadi perwakilan Kabupaten Pelalawan sekaligus Propinsi Riau pada IJSO-6 ini, semoga dapat meraih peringkat yang terbaik,” ujarnya saat ditemui di kantornya.(ad/rls)

Posting Terkait