Siswa SMKN 1 Pekanbaru Kunjungi Riaupulp

1105 views
news527PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – Sekitar 38 orang siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pekanbaru didampingi lima guru pembimbing melakukan kunjungan industri ke PT. Riau Andalan Pulp and Paper (Riaupulp).

Kedatangan rombongan dari SMKN 1 tersebut disambut Public Relations Manager Riaupulp, Nandik Sufaryono dan tim manajemen lainnya di Gedung Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) PPMR Riaupulp Pangkalan Kerinci, (7/3) kemarin.

Dalam sambutannya, Public Relations Manager Riaupulp, Nandik Sufaryono didampingi Campus Relation Head Samsyuria M Hasyim menyampaikan, sebagai salah satu perusahaan yang menganut manajemen keterbukaan, Riaupulp senantiasa membuka diri terhadap stakeholder yang ingin melihat dan mengetahui keberadaan perusahaan dari dekat.

Sejak mulai beroperasi sampai saat ini, Riaupulp telah banyak mengadakan dialog dan silaturahmi dengan berbagai komponen masyarakat seperti tokoh masyarakat, mahasiswa, pelajar, pers, LSM, unsur pemerintah dan lapisan masyarakat lainnya.

“Melalui keterbukaan ini diharapkan terjadi komunikasi yang baik dan positif diantara kedua belah pihak sekaligus tercipta jalinan silaturahmi dan kerjasama yang saling menguntungkan. Hal ini adalah salah satu bentuk tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) yang dianut dan dilakukan Riaupulp selama ini”, ujar Nandik

Ditambahkannya, sebagai salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar, Riaupulp dalam menjalankan bisnisnya tidak semata-mata hanya mengutamakan faktor keuntungan (profit), melainkan berpegang teguh pada prinsip 3P yang selama ini dianut Riaupulp. 3P ini meliputi People, Planet & Profit. Artinya, dalam menjalankan bisnis Riaupulp tidak hanya mengutamakan profit akan tetapi senantiasa memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Pimpinan rombongan SMKN 1 Pekanbaru, Zulfikar dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih kepada Riaupulp atas peneriman kunjungan ini. Disampaikannya, kunjungan siswa/i SMKN 1 Pekanbaru ini merupakan bagian dari kurikulum dalam bentuk kunjungan industri agar mengetahui bagaimana proses aplikasi dari ilmu yang dipelajari di sekolah khususnya di bidang industri.

Siswa yang hadir saat ini, jelasnya, berasal dari jurusan pemasaran (marketing). Untuk itu, seluruh siswa ditargetkan memiliki nilai kompetensi serta kemampuan pemahaman tentang dunia industri khususnya dari aspek pemasaran hasil produksi. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan industri ke Riaupulp,ujarnya.

Selain sebagai kegiatan ilmiah, kunjungan ini juga diharapkan dapat mempererat komunikasi dan kerjasama antara perusahaan dan SMK dalam hal peneyedian lapangan pekerjaan dan magang serta praktek lapangan, sekaligus wahana untuk meningkatkan hubungan silaturahmi di antara kedua pihak, terang Zulfikar.

Usai bersilaturahmi dan berdialog, mahasiswa juga mendapat pengetahuan lewat persentasi dari tim Riaupulp tentang oprasional mulai dari proses penanaman sampai proses pembuatan pulp dan kertas serta diakhiri dengan kunjungan lapangan.(Ad)

 

Posting Terkait