Siswa SMA Plus Taruna Andalan Magang di RAPP

1431 views
Magang di RAPP

Magang di RAPP

PEKANBARU (RiauInfo) – tiga puluh siswa Sekolah Menengah Atas Plus Taruna Andalan(SMA-TA) Pangkalan Kerinci berhasil meneyelesaikaan kegiatan magang/praktek kerja lapangan (PKL) di PT. Riau Andalan Pulp and paper (RAPP) Pangkalan Kerinci yang berlangsung dari tanggal 14 desember hingga 22 desember lalu. Selama satu minggu lebih para siswa tersebut mendapatkan berbagai teori dan paraktek langsung di berbagai departemen yang ada di RAPP seperti di laboratorium, klinik, technical dan maintenence

Menurut Drs. H. Hasan Masri kepala sekolah SMA-TA, kegiatan PKL ini merupakan bagian dari 4 hal pokok yang diprogramkan di SMA Plus Taruna Andalan untuk siswa, yang pertama pengembangan personal skills merupakan pengembangan bakat, sikap dan watak pribadi siswa.

Kedua pengembangan Social Skills, mempersiapkan siswa untuk mengenal fenomena hidup di tengah masyarakat. Ketiga pengembangan academic skills yaitu pengembangan intelektual ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dan terakhir adalah pengembangan Vocational skills dengan tujuan memberi kemampuan kebiasaan yang konstruktif dan produktif. Kegiatan inilah yang dilaksanakan melalui PKL di lingkungan PT. RAPP, Jelas Hasan.

Sementara itu APRIL Learning Institute (ALI) Head RAPP Lukman, menyampaikan sangat mendukung penuh kegiatan ini karena memberi wawasan tentang dunia kerja kepada siswa. Beliau menambahkan bahwa ada tiga fase dalam hidup kita yang harus disadari oleh siswa yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.

Siswa hendak menyadari bahwa masa lalu menentukan keberadaan kita masa sekarang dan masa depan ditentukan oleh masa sekarang. ”Oleh karena itu siswa harus benar-benar memanfaatkan masa kini untuk belajar dengan tekun menguasai ilmu pengetahuan dan iptek untuk memperoleh masa depan yang cemerlang.” ujar Lukman.

Sebelumnya manager YKCK Bapak Jansen Yudianto membuka acara ini menyampaikan terimakasih kepada RAPP yang telah membantu pelaksanaan kegiatan magang siswa SMA-TA ini. Menurut Jansen tiga puluh orang siswa ini berasal dari kelas XI IPA SMA-TA. ”Nantinya para siswa ini setelah kembali ke sekolah akan membuat laporan atau karya tulis dari program magang tersebut.” jelas Jansen.(ad)

Posting Terkait