Singapura Dipastikan Ikut Semarak Zapin Serantau 2007

546 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Sebagaimana tahun lalu, para penari zapin dari negara tetangga Singapura, dipastikan ambil bagian dan bakal menampilkan kreasi zapin terbaik mereka pada puncak gebyar Semarak Zapin Serantau 2007 yang akan digelar di lapangan Tugu Bengkalis, Senin (3/9) malam mendatang.

Demikian dijelaskan Ketua Dewan Kesenian Bengkalis (DKB) yang juga ketua pelaksana Semaak Zapin 2007, H Riza Pahlefi. Hal itu dikemukakan Riza kepada wartawan, usai menyaksikan perlombaan Standing Zapin di Gedung Kesenian Cikpuan, Jum’at (23/8) malam lalu.

“Selain Singapura, sebenarnya kita juga menjemput para penari zapin dari Negeri Jiran, Malaysia. Namun karena pada saat ini di Malaysia tengah sibuk dengan kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan, mereka tidak dapat hadir”, terang Riza.

Ditambahkan Ketua DPRD Bengkalis ini, selain Singapura, sejumlah group zapin terbaik dari beberapa provinsi di Indonesia, sudah menyatakan kesediaan dan dipastikan akan ikutserta menyemerakan kegiatan Semarak Zapin Serantau yang tahun ini digelar untuk ketiga kalinya.

“Diantaranya dari Kutai Kertanegara (Provinsi Kalimantan Timur), Provinsi Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Begitu juga para pezapin dari kabupaten/kota di Provinsi Riau”, imbuh Riza.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, mulai Jum’at malam lalu, sejumlah peserta, khususnya yang berlomba di ajang Standing Zapin, mulai unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik. Baik itu untuk kategori lomba tari zapin tradisi maupun lomba menyanyi lagu Melalyu putra-maupun putri.

Disaksikan sekitar 500 penonton yang memadati Gedung Cikpuan, sampai Jum’at petang kemarin, dari 23 group zapin yang berasal dari seluruh kecamatan yang mengikuti lomba tari zapin tradisi, 10 group diantaranya sudah tampil.

Begitu pula untuk lomba nyanyi lagu Melalyu. Dari 41 peserta yang juga berasal dari seluruh kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan yang mengikuti lomba tersebut, 19 orang diantaranya (penyanyi putra dan putri) sudah tampil.

Bertindak selaku dewan juri untuk lomba tari zapin tradisi adalah SPN Musrial (Sanggar Tasik Bengkalis), SPN Iwan Irawan (Sanggar Laksamana Pekanbaru), serta Nedi Winuzal (dosen Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padang Panjang Sumatera Barat). Sementara untuk lomba nyanyi lagu Melayu, bertindak selaku tim penilai adalah Usman (Sanggar Tasik Bengkalis), Idawati (Dosen Akademi Kesenian Melayu Riau) dan Beni Riau (Aranger musik Melayu asal Pekanbaru). (Tony/rls)

 

Posting Terkait