Silaturahmi RAPP dengan Masyarakat Pulau Muda

PEKANBARU (RiauInfo) – Pangkalan Kerinci, Rustam, Kepala Desa Pulau Muda mengharapkan Perusahaan memberikan yang terbaik untuk masyarakat. “ Tolong diberikan yang terbaik untuk masyarakat saya, jika nanti perusahaan beroperasional di daerah Pulau Muda agar bisa mengakomodir masyarakat sebanyak mungkin.” Ujar Rustam.
Hal ini diungkapkannya dalam kata sambutan pada silaturahmi PT.Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan masyarakat Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Acara yang berjalan penuh dengan suasana kekeluargaan ini dilangsungkan di Pasar Desa Pulau Muda hari Senin (7/12) lalu.

Pada kesempatan tersebut hadir Sekretaris Camat Teluk Meranti T. Syafril beserta unsur pimpinan di desa Pulau Muda. Hadir juga tokoh masyarakat dan tokoh adat Kabupaten Pelalawan H.T. Sabli, perwakilan mahasiswa dan pelajar asal Pulau Muda dan teluk meranti, dan dari dari RAPP antara lain hadir, Direktur CSR H.Amru Mahalli, General Maneger Operasional Kampar Ring Guntur, Stakeholder Manager Narsum beserta rombongan.

Dihadapan ratusan masyarakat yang hadir, Narsum sebagai wakil manajemen menyampaikan terima kasih atas penerimaan dari masyarakat terhadap kedatangan rombongan manajemen dan karyawan RAPP. Selain itu, Narsum juga menyampaikan tujuan dari kunjungan silaturahmi ini adalah untuk mensosialisasikan kehadiran dan rencana operasional RAPP di wilayah Desa Pulau Muda. Dengan kehadiran ini RAPP mengharapkan agar diberikan petunjuk dan arahan sesuai adat istiadat melayu yang berlaku di daerah tersebut.

Sekretaris Camat Teluk meranti, T. Syafril yang merupakan putra asli Pulau Muda berharap kehadiran RAPP akan memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Dengan kehadiran RAPP di daerah tersebut akan memajukan daerah tersebut, ”Saya tidak ingin Pulau Muda tetap seperti sekarang ini” ujarnya disambut dengan gembira oleh ratusan masyarakat yang hadir.

Syafril juga menyatakan pentingnya kebersamaan dan rasa memilki di dalam diri masyarakat guna mencapai tujuan yang diharapkan, dan meminta masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan isu dan berita yang tidak jelas tentang perusahaan RAPP yang beredar belakangan ini.

Selanjutnya Direktur CSR H.Amru Mahalli dan GM Operasional RAPP memaparkan apa saja program yang akan dilaksanakan di wilayah Pulau Muda terkait rencana akan beroperasinya perusahaan nantinya. Dimana intinya kehadiran perusahaan akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar, perusahaan berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Beberapa hal telah dilakukan oleh perusahaan melalui program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh CSR RAPP, antara lain kegiatan pelayanan kesehatan masyarakata berupa pengobatan massal dan khitanan masal.

Selain itu dalam beberapa pelatihan yang telah diadakan oleh CSR RAPP di Pangkalan Kerinci, juga telah mengikutsertakan masyarakat Pulau Muda seperti Pelatihan sistem Pertanian Terpadu (SPT) dan Pelatihan Mekanik Sepeda Motor untuk para pemudanya.

Dalam bidang pendidikan, RAPP telah memberikan beasiswa untuk siswa SD dan SMP. ”selain beasiswa nantinya RAPP tidak hanya memfokuskan pada pembangunan fisik saja tapi juga pembangunan karakter/ mental tenaga pengajarnya (Guru)” ujar Amru.

Masyarakat yang hadir umumnya berharap nantinya perusahan trnasparan dalam rencana operasionalnya dan dapat memberikan peluang usaha dan kerja kepada masyarakat, selain itu juga tidak menutup mata pencaharian masyarakat seperti mencari ikan di sungai sungai yang masuk kedalam konsesi perusahaan.

“Operasional perusahan tentunya menghasilkan keuntungan, maka marilah untung tersebut juga dibagi-bagi dengan masyarakat.” ujar Effendi, tokoh muda Pulau Muda.(ad/rls)

 

Rizki: