Sholat Idul Fitri Diperkirakan Tidak Hujan

536 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kekhawatiran banyak kalangan bahwa pelaksanaan sholat Ied Idul Fitri nanti akan diwarnai turun hujan, mungkin tidak perlu ada. Sebab pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru memperkirakan tidak akan turun hujan.

“Kami memprediksi pada sholat Idul Fitri 20 September nanti, hujan tidak akan turun,” ungkap Kepala BMKG Kota Pekanbaru Philip Mustamu kepada wartawan di Pekanbaru. Hujan tak akan turun karena saat itu peluang hujan di Riau bersifat ringan terjadi siang, sore, malam hingga dini hari.

Dia menyebutkan Riau termasuk wilayah equator yang memiliki dua puncak musim hujan, yakni Maret-April dan September-Oktober-November. Saat ini matahari berada mendekati garis khatulistiwa puncaknya pada tanggal 20 September matahari di atas Riau.

Kondisi inilah yang membuat suhu udara di Riau khususnya dan Sumatera umumnya meningkat. Suhu udara yang tinggi ini membuat membuat peluang hujan di Riau jadi ringan. Karena itu ada kemungkinan pada saat Sholat Ied nanti tidak akan turun hujan.(ad)

Posting Terkait