Setda Bengkalis Resmikan Puskesmas Pembantu Pangkalan Nyirih

881 views
news8133PEKANBARU (RiauInfo) – Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, Selasa (13/1) lalu, meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Pangkalan Nyirih, Kecamatan Rupat.

Selain Kepala Desa Pangkalan Nyirih Hasyim, turut mendampingi Sulaiman meresmikan Pustu yang ditandai dengan pembukaan papan selubung nama tersebut, diantaranya anggota DPRD Bengkalis H Usman Effendi R dan Camat Rupat Fadlan Fuad Daulay. Kemudian, Kepala Kantor Satpol PP H Rozali Saidun dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Bengkalis, Masdaruddin

Sulaiman mengatakan, peresmikan Pustu di Pangkalan Nyirih ini merupakan salah satu bentuk komitmen nyata Pemkab Bengkalis memenuhi kebutuhan dasar dan mempercepat keberhasilan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Khususnya melalui peningkatan derajat kesehatan kesehatan. Karena, seperti juga pendidikan, kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyrakat yang harus dipenuhi,” kata Sulaiman.

Selanjutnya, Sulaiman berharap, keberadaan Pustu benar-benar dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan Pustu itu dengan sebaik-baiknya. Bukan saja untuk berobat. Yang lebih penting dari itu, keberadaan Pustu ini juga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya pencegahan timbulnya penyakit,” harap Sulaiman.

Kepada masyarakat, Sulaiman juga berharap untuk senantiasa dan tidak perlu takut menanyakan pada petugas kesehatan di Pustu, bagaimana upaya-upaya mencegah timbulnya penyakit.

“Jangan hanya datang ke Puskesmas saat ingin berobat saja atau ketika sudah menderita suatu penyakit. Mencegah itu jauh lebih baik dan lebi murah dari pada mengobati,” Sulaiman, mengingatkan.

Pada bagian lain, kepada petugas kesehatan di Pustu tersebut, Sulaiman meminta, selain untuk senantiasa memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien dengan baik, hendaknya juga dapat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

“Berikan penjelasan dan pemahaman yang benar mengenai kesehatan sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penanganannya,” harap Sulaiman seraya mengatakan bahwa status Pustu Pangkalan Nyirih ini secepat akan ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Sementara itu, baik camat Rupat maupun Kepala Desa Pangkalan Nyirih, mengucapkan terima kasih atas dibangunannya Pustu tersebut. “Atas nama seluruh masyarakat Pangkalan Nyirih dan sekitarnya, kami mengucapkan terima kasih atas dibangunnya Pustu ini,” kata Hasyim.(ad)

 



Posting Terkait