Seminar Nasional Bidang Pertanian Dipenuhi Ratusan Pemakalah

562 views

PEKANBRU (RiauInfo) – Sebanyak 159 orang pemakalah dari 12 Perguruan Tinggi wilayah Indonesia Barat akan mengisi Seminar Nasional Bidang Pertanian. Sedang 200 peserta dari 17 fakultas serta 50 orang dekan dan pembantu dekan menghadiri seminar bergilir per dua tahun antar wilayah Indonesia Barat tersebut.

Tahun ini giliran Riau mendapat kesempatan sebagai panitia Seminar Nasional Bidang Pertanian tersebut dan di selenggarakan oleh Universitar Riau.

Riau sebagai tuan rumah dalam kesempatan kali ini mengangkat Tema Seminar “Memposisikan Pembangunan Pertanian Sebagai Upaya Strategis Penanggulangan Kemiskinan dan Kebodohan”.

Seminar yang diprakarsai Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah barat (BKS-PTN-Barat) juga membahas rapat tahunannya Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian.

Gubernur Riau Hm. Rusli Zainal membuka secara resmi seminar yang digelar 24-26 Juli ini di Kampus Unri, Panam, Pekanbaru ini. Terlihat juga Ketua DPRD Riau, Chaidir MM turut menghadiri dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Riau, Kementerian Pertanian RI yang diwakili oleh Kepala Balitbang Departeman Pertanian RI, Ahmad Suryana.

Dalam kesempatan ini Gubernur mengatakan, prospek pertanian Riau ke depan akan dipicu melalui progragm Pemerintah Riau yakni Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM).

Selain itu Gubri mengharap akan mebuka sedikitnya 100 ribu hektar lahan pertanian khusus tanaman padi. Hal ini terkait masih minimnya Riau memproduksi padi untuk kebutuhan berasnya.(Surya)

 

Posting Terkait