Semen Padang Langka dan Mahal, Semen Asal Jawa Mulai Serbu Pekanbaru

616 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Langka dan mahalnya harga semen Padang akhir-akhir ini di Pekanbaru telah menyebabkan sejumlah semen asal pulau Jawa mulai menyerbu ke Pekanbaru. Kehadiran semen asal Jawa ke Pekanbaru itu untuk memanfaat situasi di saat masyarakat kesulitan mendapatkan semen.

Hanya saja, begitu masuk ke Pekanbaru harga semen asal Jawa itu ikut-ikutan naik juga mengikuti kenaikan harga semen Padang. Untuk semen Hocim misalnya, bila biasanya dijual dengan harga Rp37 ribu per zak, kini para pedagang menjualnya dengan harga antara Rp 52 ribu sampai 53 ribu per zak.

Hal yang sama juga terjadi pada Semen Tiga Roda. Para pemilik toko bangunan di Pekanbaru saat ini menjualnya dengan harga Rp 55 ribu per zak. Padahal dalam kondisi normal, semen tersebut dijual dengan harga Rp 40 ribu per zak.

Meski ikut mengalami kenaikan, namun harga semen asal Jawa tersebut tetap berada di bawah harga Semen Padang yang saat ini masih berkisar Rp 57 ribu hingga Rp 60 ribu per zak. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda harga semen Padang akan kembali normal seperti semula.

Supervisor Global Bangunan, Rin Susanti dalam keterangannya mengatakan, melonjaknya harga semen saat ini disebabkan permintaannya terus mengalami kenaikan. “Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab harga semen di Pekanbaru masih tinggi,” jelasnya Jumat (4/1).(Ad)

 

Posting Terkait