Seluruh Hewan Kurban di Riau Akan Disertifikasi

PEKANBARU (RiauInfo) – Tahun ini seluruh hewan kurban yang akan disembelih di Riau pada Hari Raya Idul Adha mendatang akan disertifikasi. Ini bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan terhadap hewan-hewan yang akan disembelih tersebut.

Sertifikasi itu sendiri akan dilakukan oleh Dinas Peternakan Riau. “Kita akan melakukan sertifikasi terhadap hewan kurban agar terjamin kesehatannya. Melalui sistem ini semua hewan kurban akan diperiksa kesehatannya,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Riau, Askardia Patrianov di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, sertifikasi ini sengaja diberlakukan Dinas Peternakan Riau, karena dari 22 ribu ekor hewan yang dibutuhkan untuk kurban di Idul Adha tahun ini, 17 ribu diantaranya didatangkan dari luar Riau. Ini tentunya perlu diawasi terhadap kesehatan hewan kurban itu,” ujarnya lagi.

Alasan lainnya dilakukan sertifikasi itu, disebabkan pemotongan hewan kurban dilakukan di masing-masing mesjid, bukan di rumah pemotongan hewan. Hal ini tentunya harus mendapatkan pengawasan dengan cara langsung turun ke lapangan.(ad)

 

Rizki: