Seluruh Desa Bakal Dijadikan Desa Siaga

585 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau punya program untuk menjadikan seluruh desa yang ada di Riau menjadi desa siaga. Untuk menjadikan seluruh desa di Riau menjadi desa siaga itu dibutuhkan sebanyak 1.477 bidan. 

Untuk tahun 2007 ini saja direncanakan sebanyak 250 desa akan dijadikan desa siaga. Dan pada tahun 2008 mendatang minimal 90 persen di Riau akan teralisasi menjadi desa siaga.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, dr H Taswin Yacob, Sp.S kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, dari jumlah kebutuhan tenaga bidan desa tersebut, saat ini hanya tersedia 663 bidan yang berada di desa berarti dibutuhkan 814 orang bidan desa lagi untuk mengisi seluruh pos kesehatan desa (poskesdes) yang ada di desa.

Dikatakan, langkah alternatif dalam rangka memenuhi kebutuhan bidan di Provinsi Riau direncanakan untuk mengangkat lulusan DIII kebidanan dari institusi pendidikan binaan Depkes di provinsi Riau tahun 2007 sebagai tenaga kontrak yang akan didistribusikan ke desa se Provinsi Riau untuk kurun waktu minimal 2 tahun dengan menangguhkan penyerahan ijazah sampai yang bersangkutan selesai menyelesaikan masa kontraknya di desa.

“Untuk itu peran ikan bidan Indonesia (IBI) dalam membina anggotanya agar betah di desa merupakan sumbangsih yang amat berharga dalam merealisasikan terwujudnya pelayanan kesehatan di tingkat pedesaan,” ujarnya..

Selain itu kata Taswin, untuk menfasilitasi pembangunan pos kesehatan desa, pihaknya juga menyarankan agar diambil dari dana DAK bidang kesehatan sesuai dengan Juknis penggunaan DAK bidang kesehatan tahun 2007 sesuai SK Menkes Nomor 7/Menkes/SK/2007.(Ad)

 

Posting Terkait