Sektor Perikanan Bisa Jadi Andalan Perekonomian Masyarakat Riau

651 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Sektor perikanan sangat cocok dikembangkan di wilayah Riau. Hal ini disebabkan kondisi alam Riau yang sangat cocok untuk budidaya ikan. Bahkan jika sektor perikanan ini terus dikembangkan secara bersinambungan, bisa menjadi andalan perekonomian masyarakat Riau.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Riau, Irwan Effendi kepada wartawan Senin (9/12) di Pekanbaru. Dia menyebutkan salah satu bentuk budidaya ikan yang sangat cocok dikembangkan adalah sistem keramba.

Menurut Irwan, untuk budidaya sistem keramba ini sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuansing dan Pelalawan. Hal ini disebabkan daerah-daerah tersebut terdapat sungai-sungai yang sangat baik untuk dikembangkan ikan keramba.

Saat ini sejumlah masyarakat memang sudah ada yang mengembangkan budidaya ikan keramba seperti yang dapat di lihat di Kampar. Ikan yang dibudidayakan masyarakat umumkan jenis ikan patin dan ikan kelemak.

Jika budidaya sistem keramba ini terus dikembangkan, Irwan Effendi sangat yakin daerah-daerah tersebut akan menjadi pusat pengembangan perikanan keramba. Bahkan hasilnya bisa lebih besar dibandingkan ikan tangkapan di laut.

Untuk itulah, menurut dia, pihaknya terus melakukan pembinaan-pembinaan terhadap para petani ikan keramba di daerah-daerah tersebut. Pembinaan antara lain di segi menghasilkan bibit ikan yang baik dan bagaimana membudidayakan ikan dengan benar.

“Kita berharap masyarakat akan lebih tekun dalam mengembangkan usaha budidaya ikan kerambanya, sehingga nantinya Riau bisa akan menjadi central produksi ikan,” jelasnya. Ini mencapai ini, tentunya para petani ikan harus gigih dalam menjalankan usahanya.(rgi/ad)

Posting Terkait